Mengapa Harus Membeli Suku Cadang Asli untuk Motor? Ini Alasannya!

Tentunya semua orang ingin motornya awet dan tidak sering bermasalah. Untuk itu, banyak orang yang rela merogoh kocek lebih dalam demi membeli oli motor matik terbaik. Meski harganya agak sedikit mahal, oli motor terbaik akan memberikan manfaat yang sebanding. Nah, sama halnya dengan suku cadang. Jika kamu perlu mengganti suku cadang, jangan ragu untuk membeli suku cadang yang asli meski beberapa orang lebih memilih membeli suku cadang tiruan karena harganya lebih murah. Ada banyak alasan mengapa suku cadang asli tetap yang terbaik untuk motormu!

  • Lebih tahan lama dan tak mudah rusak

Mungkin kamu sudah bisa menebak apa alasan utama menggunakan suku cadang asli. Yup, suku cadang asli memiliki kualitas yang terjamin. Suku cadang bawaan pabrik tentu akan lebih awet dan tahan lama. Dengan suku cadang yang awet, kondisi motormu pun akan terjaga dan tidak sering mengalami masalah. Jadi, kamu tak harus khawatir bolak balik bengkel karena motor rewel.

  • Membuat motor lebih nyaman

Selain tahan lama dan berkualitas, suku cadang asli juga menawarkan kenyamanan dalam berkendara. Misalnya shockbreaker. Shockbreaker yang asli tentunya memberikan kendali yang baik saat melewati jalan yang bergelombang. Berbeda dengan suku cadang tiruan. Pasti kenyamanannya tidak setara dengan yang diberikan oleh suku cadang asli.

  • Membuat berkendara lebih aman

Jika suku cadang asli, kualitasnya dijamin sehingga tidak mudah menimbulkan masalah pada motor. Namun, bagaimana dengan suku cadang imitasi? Kualitasnya mungkin tak sebaik dengan suku cadang produksi pabrik. Hal ini sebenarnya menyimpan risiko yang berbahaya. Jika tiba-tiba komponen suku cadang yang berperan penting rusak, maka potensi kecelakaan saat berkendara pun akan semakin tinggi.

  • Usia motor akan lebih panjang

Bukan hanya suku cadangnya saja yang awet. Suku cadang berkualitas juga akan memperpanjang usia motormu, terutama suku cadang bagian mesin. Untuk bagian mesin, jangan pernah coba untuk menggunakan suku cadang imitasi karena dapat merusak performa motor yang akan merugikan dirimu sendiri.

Jika melihat poin-poin di atas, sebenarnya menggunakan suku cadang asli terbilang lebih irit dibandingkan suku cadang imitasi karena motormu akan lebih awet dan nyaman digunakan. Coba bayangkan jika kamu harus bolak balik bengkel akibat menggunakan suku cadang yang kurang berkualitas? Tentunya biaya yang kamu keluarkan pun bisa jauh lebih besar dibandingkan membeli suku cadang asli. (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *