Menangani Human Error Pada Dunia Kerja

Sebagai manusia, tentunya kita tidak bisa menjadi sempurna.Terkadang, saat bekerja kesalahan-kesalahan kecil maupun besar tidak dapat dihindari. Kesalahan yang diakibatkan oleh kelalaian manusia ini dikenal juga dengan istilah human error. Oleh karenanya, human error harusnya sudah menjadi suatu hal yang diantisipasi oleh perusahaan, terutama perusahaan besar. Pasalnya, human error bisa berpengaruh besar terhadap sistem perusahaan besar dan mengakibatkan kerugian yang besar juga. Untuk itu, diperlukan sistem kerja yang baik untuk mencegah terjadinya human error. Salah satunya bisa dengan cara menghubungi distributor SAP Indonesia dan mengimplementasikan sistem SAP pada perusahaan.

human error
human error

Pasalnya, human error memang tidak mutlak kesalahan manusia, dilansir dari jobsdb George A. Peters mengatakan bahwa human error juga bisa diakibatkan oleh perancangan sistem dan prosedur kerja. Untuk lebih jelasnya, mari simak beberapa faktor yang bisa memicu human error di bawah ini:

  • Induced human error system. Hal ini dikarenakan mekanisme sistem kerja yang kurang baik sehingga memungkinkan pekerja untuk melakukan kesalahan. Misalnya saja peraturan sebuah perusahaan sudah disusun dengan baik tapi tidak ada penerapan yang baik dari manajemen.
  • Induced human error design. Selain itu, ada juga human error yang disebabkan karena rancangan sistem kerja yang kurang baik sehingga membuat karyawan atau pekerja rentan melakukan kesalahan.
  • Pure human error. Terakhir, ada pure human error yang benar-benar diakibatkan oleh manusia itu sendiri. Misalnya seperti kemampuan dan pemahaman yang kurang terhadap pekerjaan.

Lalu, bagaimana mengatasi human error yang sudah terlanjur terjadi?

  • Menganalisa kesalahan lebih awal. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah menganalisa masalah dari awal. Cari tahu apa penyebab dan akibat dari human error tersebut. Kesalahan kecil pun jika lama dibiarkan bisa berdampak besar pada perusahaan. Oleh sebab itu, baik kesalahan kecil atau besar, sebaiknya langsung dicari akar permasalahannya sebelum terjadi masalah yang lebih besar.
  • Memberikan pelatihan yang lebih baik. Kemudian, setelah menganalisa sebab dan akibat human error, maka harus ada perbaikan dan pembelajaran untuk karyawan. Pastikan karyawan mendapatkan pelatihan yang tepat setelah itu.
  • Bekerja sama. Lagi-lagi, human error memang merupakan kesalahan yang disebabkan oleh manusia tapi bukan berarti orang tersebut harus disalahkan sepenuhnya. Untuk menangani dan mencegah human error, diperlukan kerja sama yang baik antar karyawan.

Itulah beberapa cara sederhana untuk mengatasi human error dalam dunia kerja. Semoga bermanfaat! (Rima)

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *