Memilih Cable Reel yang Tepat

Dalam dunia industri ada sangat banyak komponen yang digunakan untuk mempermudah berbagai pekerjaan, misalnya saja seperti cable reel atau cord reel. Jika dilihat dari bentuknya, cable reel ini tidak berbeda jauh dengan hose reel Indonesia. Wajar saja, karena pada dasarnya keduanya memiliki fungsi yang hampir sama hanya berbeda pada jenis yang digulungnya saja.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda jadi bisa asal saja saat menentukan reel yang akan dibeli. Sebab, kesalahan dalam memilih reel akan membuat hasil yang ingin dicapai tidak maksimal.

cable reel
cable reel

Yap, walaupun jenisnya sama-sama cable reel, ternyata reel inipun memiliki banyak jenis. Agar tidak salah dalam memilih, berikut ini adalah hal penting yang harus diperhatikan:

  • Bahan

Bahan kayu dan plastik pada umumnya digunakan untuk penyimpanan kabel yang cukup ringan. Sementara untuk kabel berukuran lebih besar dan lebih berat, cable reel yang terbuat dari logam, baja, atau stainless steel menjadi pilihan yang tepat.

  • Ukuran

Sebelum menentukan ukuran cable reel, Anda terlebih dahulu harus mengetahui lokasi peletakkan cable reel tersebut. Semakin terbatas ruang yang tersedia, tentunya Anda harus semakin cermat dalam menentukan ukuran cable reel yang akan digunakan. Jika Anda tidak bisa menemukan cable reel yang sesuai, Anda bisa memesan dengan desain khusus yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satu penyedia reel dengan desain custom yaitu Hannay Reel yang akan menyediakan reel sesuai dengan spesifikasi dari konsumen.

  • Jenis

Apakah cable reel yang akan digunakan dioperasikan secara manual ataukah otomatis juga penting menjadi pertimbangan. Pada umumnya cable reel otomatis memiliki beberapa mekanisme khusus yang semakin mempermudah penggunaannya. Misalnya penguncian otomatis pada saat kabel ditarik, proses penggulungan kembali kabel secara otomatis, dan sebagainya.  Cable reel otomatis jelas akan lebih mudah digunakan dan juga sangat meringankan pekerjaan, terutama untuk kabel berukuran besar dan cukup berat. Namun, reel jenis ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan cable reel manual.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemilihan cable reel yaitu pastikan bahwa cable reel yang dipilih sudah memenuhi kualitas standar yang diterapkan. Sebab penggunaan komponen ini bisa sangat berpengaruh pada keselamatan kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *