Memahami Pengertian Server Secara Lebih Dalam

Teknologi informasi telah berkembang pesat. Perkembangan ini tentu membawa dampak positif pada berbagai bidang, terutama industri bisnis. Salah satu bukti kemajuan teknologi informasi adalah adanya HPE Simplivity indonesia, solusi hyperconverged infrastructure yang memadukan server, storage, network, dan virtualisasi. Namun kali ini kita tidak akan membahas tentang teknologi ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu komponen yang tergabung dalam HPE Simplivity tersebut, yakni server.

fungsi server
fungsi server

Pastinya Anda tidak asing lagi bukan dengan kata ‘server’ dalam bidang teknologi informasi, bukan? Namun apakah Anda memang sudah memahami apa itu server? Mungkin beberapa di antara kalian masih ada yang masih belum begitu paham apa yang dimaksud dengan server.

Hampir setiap komputer sebenarnya dapat berfungsi sebagai network server karena biasanya sistem software dan hardware pada komputer memiliki fitur dan konfigurasi yang dapat mengerjakan tugas server. Ya, server merupakan sistem komputer yang menyediakan layanan (service) tertentu untuk client. Server dan client merupakan dua hal yang saling berhubungan sebab server menyediakan berbagai macam data, dokumen, dan keperluan lain yang dibutuhkan client.

Oleh sebab itu, server perlu dilengkapi dengan RAM kinerja tinggi, prosesor yang cepat, dan beberapa hard drive berkapasitas tinggi. Selain itu, server khusus juga dapat dihubungkan ke daya yang besar, beberapa jaringan, dan server lain. Fitur dan koneksi seperti ini diperlukan karena ada banyak mesin dan program client yang bergantung pada server tersebut untuk berfungs secara efisien.

Agar dapat bekerja dengan baik, berikut ada beberapa karakter yang harus dimiliki server (techopedia.com):

  • Mampu meng-update hardware dan software tanpa harus melakukan restart atau reboot.
  • Mampu melakukan advanced backup untuk melakukan backup data penting secara rutin.
  • Kinerja network yang canggih.
  • Transfer data otomatis antar perangkat.
  • Memiliki hight security untuk perlindungan resources, data dan memory.

Selain itu, terdapat juga beragam server yang berbeda dengan fungsi yang berbeda pula. Misalnya seperti: proxy server, virtual server, telnet server, web server, FTP server, application server, dan lain-lain.

Itulah pengertian sederhana mengenai server pada teknologi informasi. Semoga bermanfaat! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *