Wajah Berjerawat? Lakukan Ini untuk Merawat Kulitmu

Tidak ada yang menginginkan kemunculan jerawat di wajah mereka. Namun demikian, jerawat ini bisa muncul kapan saja tanpa disadari, entah karena hormon atau karena salah penggunaan kosmetik. Ketika jerawat muncul di wajah, jangan panik! Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya, tanpa meninggalkan bekas. Sama halnya dengan sabun mandi untuk kulit kering  yang bisa membantu melembapkan kulit, melakukan empat trik di bawah ini juga bisa membantu kamu untuk merawat kulit berjerawat. Simak, yuk!

perawatan kulit berjerawat
perawatan kulit berjerawat
  • Hindari menggunakan sabun wajah yang mengandung scrub

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memilih sabun wajah yang berbusa dan tidak mengandung scrub. Mengapa? Sebab scrub pada sabun dikhawatirkan bisa membuat jerawat terasa perih dan membuatnya iritasi. Jadi, lebih disarankan untuk menggunakan sabun wajah yang berbusa. Sabun jenis ini bisa membantu untuk mengendalikan kelebihan minyak di wajah untuk mengurangi kemunculan jerawat.

  • Cuci muka dua sampai tiga kali sehari

Sebaiknya lakukan pembersihan wajah dua sampai tiga kali dalam sehari. Hindari untuk cuci muka terlalu sering karena bisa membuat kulit kamu kering dan juga iritasi. Bukannya bersih, yang ada kulit kamu malah rusak dan jerawat pun semakin parah.

  • Gunakan pelembap yang ringan

Ada banyak jenis pelembap yang dijual di pasaran. Sebaiknya, pilih yang sesuai dengan jenis kulitmu dan memiliki tekstur yang ringan. Pelembap dengan tekstur berat akan membuat kulit berminyak dan semakin memperburuk kondisi jerawat di wajah.

  • Rajin menggunakan tabir surya

Ketika wajahmu sedang berjerawat, kulit akan semakin sensitif dengan sinar matahari. Oleh sebab itu, kamu harus rajin menggunakan tabir surya setiap hari meskipun sedang tidak berada di luar ruangan. Disarankan untuk memilih tabir surya yang bebas minyak dan mengandung SPF 30.

Selain cara di atas, kamu juga bisa melakukan perawatan dengan metode eksfoliasi. Hanya saja pada kulit berjerawat, eksfoliasi yang dilakukan harus sangat berhati-hati dan caranya juga harus tepat. Selain itu, jangan melakukan berlebihan saat melakukan eksfoliasi karena bisa menjadi penyebab iritasi kulit.

Memang, kulit berjerawat membutuhkan perawatan ekstra, tapi bukan berarti kamu tak bisa mengatasinya. Semoga beberapa hal di atas bisa membantu kamu mengurangi kemunculan jerawat. Kalau masih belum berhasil, baiknya hubungi dokter kulit untuk membantu menanganinya, ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *