Kulit Kendur Setelah Berat Badan Turun, Bisakah Kembali Kencang?

kulit kendur

Wah, sudah berhasil menurunkan berat badan sesuai dengan target? Congratulations! Namun, setelah berat badan turun, biasanya ada masalah berikutnya yang harus diatasi. Yep, kulit yang kendur. Meski sudah berhasil menurunkan berat badan, kini Anda mesti mengikuti perawatan mengencangkan kulit wajah atau bahkan kulit di bagian tubuh tertentu. Namun, apakah bisa kulit yang kendur kembali kencang?

Penyebab kulit kendur setelah berat badan menyusut

Pertama-tama, Anda harus memahami mengapa kulit bisa bergelambir dan kendur setelah turunnya berat badan. Kulit manusia “didesain” untuk bisa elastis dan mengikuti bentuk badan. Jika berat badan Anda bertambah, maka kulit akan merenggangkan diri. Nah, semakin kulit merenggang, maka semakin kecil kemungkinannya untuk kembali kencang. Itulah sebabnya, perubahan berat badan sering menjadi faktor yang membuat kulit kendur dan membuat penampilan kurang menarik meskipun berat badan sudah ideal.

Akan tetapi, jangan khawatir. Bukan hal yang mustahil untuk kulit agar bisa kencang kembali. Semua tergantung pada beberapa faktor. Di antaranya seperti: berapa banyak elastin dan kolagen yang dimiliki kulit, usia, genetik, jumlah berat badan yang hilang, nutrisi yang dimiliki tubuh, dan lain-lain.

Cara mengencangkan kulit setelah berat badan turun

Sayangnya tidak ada cara instan untuk mengembalikan kekencangan kulit Anda. Agar kulit kembali kencang, Anda perlu melakukan beberapa cara sebagai berikut:

  • Olahraga untuk memperkuat otot. Meski sudah mencapai berat badan yang Anda inginkan, Anda harus tetap berolahraga secara rutin, lho. Olahraga atau latihan otot diperlukan untuk menjaga kesehatan dan mengatasi kulit yang kendur. Latihan otot dapat membantu mengencangkan kulit di area yang kendur. Lakukan olahraga seperti pushup, squat, atau angkat beban.
  • Konsumsi suplemen. Suplemen kolagen direkomendasikan untuk Anda. Sebab kolagen berperan penting dalam meningkatkan elastisitas kulit. Pastikan Anda sudah mengonsultasikannya dengan ahli dan mengikut aturan pakai suplemen. Selain suplemen, konsumsi juga makanan yang mengandung protein, omega-3, vitamin C, dan air.
  • Hindari alkohol. Minuman beralkohol hanya akan membuat kulit semakin sulit kembali kencang. Hindari juga merokok karena kedua kebiasaan ini tidak baik untuk kulit.
  • Konsultasi ke dokter di klink kecantikan. Jika ingin hasil yang lebih cepat, Anda bisa menghubungi klinik kecantikan terpercaya. Biasanya mereka menyediakan treatment khusus untuk mengencangkan kulit dengan teknologi yang canggih.

Selama Anda berusaha, pasti kulit yang kendur dapat kencang kembali! (Rima)

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *