Mampir ke Cordoba? Wajib Banget Cicipi Kuliner Khas Ini

Salmorejo

Sudah pernah mengikuti paket wisata rohani ke Cordoba? Cordoba merupakan kota yang berada di provinsi Analusia dan menjadi saksi dari kejayaan peradaban Islam di masa lalu. Di sini, kamu bisa melihat bangunan-bangunan megah di masa lalu, serta mengintip sejarah islam di kota tersebut. Tak hanya itu, kamu juga bisa mencicipi kulinernya yang sangat kaya. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Salmorejo. Sup merupakan hidangan yang sangat mudah ditemukan di setiap kota. Namun demikian, di Cordoba, sup ternyata disajikan dengan cara yang berbeda. Yup, di sini, sup disajikan dengan keadaan dingin dan juga kental, salah satunya adalah Salmorejo. Salmorejo terbuat dari tomat, roti yang dihaluskan, minyak zaitun, dan juga krim. Di Cordoba, hidangan ini biasanya disajikan sebagai appetizer di bar, kafe, atau restoran. Meski terkesan aneh, secara visual makanan ini mampu membuat kamu tergugah untuk mencobanya. Ditambah lagi, rasa sup ini sangatlah gurih. Penasaran ingin coba?
  2. Boquerones en Vinagre. Ikan whitebait merupakan salah satu jenis ikan yang khas di Cordoba. Bentuknya kecil dan juga mungil, mungkin kalau di Indonesia mirip dengan ikan teri. Biasanya, ikan whitebait ini dimasak menjadi Boquerones en Vinagre. Untuk membuat Boquerones en Vinagre sebenarnya tak terlalu sulit, yakni tinggal merendam ikan whitebait dalam cuka. Setelahnya, ikan ini disajikan dengan irisan bawang putih, bawang merah, daun parsley, serta disiram dengan minyak zaitun extra virgin. Rasa segar dari ikan berpadu dengan potongan bawang tentu menghadirkan cita rasa yang unik.
  3. Rabo de Toro. Ada yang unik dari sajian sop buntut di Cordoba, sebab sop buntutnya dibuat dari ekor banteng. Di Cordoba, tradisi bullfighting masih sangat kuat sehingga tak heran jika sop buntut banteng ini cukup populer di kalangan masyarakat. Biasanya, ekor banteng akan diiris dalam ukuran bite sizes, lalu dimasak dengan bumbu rempah-rempah, tomat, paprika, saffron, dan juga anggur merah khas Cordoba.
  4. Flamenquine Tidak ingin mengonsumsi makanan berat? Silakan cicipi flamenquines. Flamenquines terbuat dari daging jamón serrano yang kemudian dilapisi dengan telur, keju, tepung roti, dan digoreng sampai kering. Biasanya, makanan ini disajikan dengan kentang goreng dan mayones. Salah satu restoran populer di Cordoba yang menyajikan flamenquines adalah Meson Juan Peña. Namun demikian, kalau kamu memutuskan untuk mampir ke sini, siap-siap untuk masuk dalam daftar waiting list, saking populernya restoran ini.

Tertarik untuk mencicipi kuliner Cordoba tersebut? Jangan sampai lupa untuk mencicipinya begitu tiba di sana, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *