Kiat Menjadi Perawat Orang Tua di Rumah

merawat orang tua

Banyak orang menganggap merawat orang tua yang sudah lansia adalah bentuk bakti anak pada orang tua. Sehingga, tak sedikit anak yang mengabaikan layanan perawat ke rumah dan memilih untuk mengurus sendiri orang tuanya yang telah renta. Meski begitu, aktivitas baru bagi orang tua dan anak ini bukanlah tanpa kendala. Yap, sering kali anak dan orang tua yang sudah lansia berselisih karena rutinitas baru yang mereka jalani ini.

Lalu, bagaimanakah cara mengurangi percikan-percikan kecil perkara merawat orang tua yang sudah lanjut usia?

  • Pahami seberapa banyak bantuan yang orang tua Anda butuhkan

Situs Daily Caring menyatakan bahwa dalam fase merawat orang tua, banyak anak yang lebih sering memperhatikan hal-hal besar dan melupakan hal-hal kecil. Masa-masa transisi pasti memberatkan, di waktu inilah ada kemungkinan Anda merasa harus membantu semua aktivitas orang tua dan mengesampingkan bahwa tidak semua hal perlu Anda bantu lakukan. Sehingga, yang perlu Anda butuhkan adalah memahami seberapa banyak bantuan yang dibutuhkan oleh orang tua Anda. Mulailah dengan bertanya dan berunding tentang hal apa yang orang tua Anda bisa dan mau lakukan sendiri, serta hal mana yang tidak. Dengan demikian, Anda bisa menghindari perselisihan tentang ini.

  • Sadari kemampuan Anda

Sebagai manusia, tentu Anda memiliki kebutuhan, kewajiban, serta keinginan yang perlu dilakukan seorang diri sehari-harinya. Namun ketika Anda menjadi perawat orang tua Anda di rumah, secara otomatis ada waktu dan tenaga Anda yang terbagi. Dengan menyadari hal ini, Anda akan tahu seberapa banyak waktu dan tenaga yang mampu Anda alokasikan untuk merawat orang tua Anda. Lagipula, jika Anda dan orang tua Anda sudah menyepakati aktivitas apa saja yang perlu dikerjakan bersama, tentu Anda dapat mengatur pembagian waktunya, kan?

  • Berbagi tanggung jawab

Merawat orang tua memang diyakini sebagai salah satu tanda bakti anak kepada orang tua. Namun, jangan sampai Anda jatuh sakit atau kewalahan menangani berbagai hal saat tetap harus merawat orang tua. Bila Anda merasa perlu untuk beristirahat sejenak, Anda dapat meminta bantuan saudara ataupun pasangan Anda untuk bergantian membantu orang tua Anda. Bagilah tanggung jawab sesuai kemampuan masing-masing agar kegiatan merawat orang tua Anda tak menjadi suatu hal yang merepotkan siapa pun.

Nah, itulah dia 3 kiat merawat orang tua yang sudah lansia di rumah. Niat baik perlu diimbangi dengan implementasi yang baik pula agar mendapatkan hasil yang setimpal. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *