Kenali Asuransi Unitlink Terlebih Dahulu Sebelum Berinvestasi

asuransi unit link

Mungkin Anda sudah pernah mendengar jenis asuransi unitlink. Asuransi jenis ini memang semakin populer di kalangan masyarakat. Meskipun mungkin masih banyak yang merasa asuransi rawat inap lebih penting daripada asuransi ini. Asuransi unitlink merupakan asuransi modern yang menawarkan berbagai macam keuntungan. Memang manfaat utamanya adalah asuransi jiwa, dan jika sewaktu-waktu pemegang polis mengalami kecelakaan, cacat total, cacat tetap, sakit, dan lain sebagainya, Allinz klaim asuransi tetap bisa diajukan. Namun menariknya, asuransi unitlink juga menawarkan manfaat lain yang tidak dimiliki oleh jenis asuransi lainnya, yakni investasi. Jadi, nilai tunai nasabah yang terkumpul akan diinvestasikan dalam bentuk unit di dalam suatu instrumen investasi. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan di bawah ini.

asuransi unit link
asuransi unit link

Berbeda seperti asuransi pada umumnya, premi yang dibayarkan pada asuransi unitlink ini akan diputar kembali menjadi investasi, sehingga tidak hangus. Namun, seperti investasi pada umumnya, investasi unitlink juga memiliki risiko tersendiri. Oleh karena itu, jangan berpikiran bahwa investasi melalu asuransi unitlink pasti akan terjamin.

Selain itu, banyak yang menjelaskan bahwa premi asuransi unitlink hanya perlu dibayarkan selama 10 tahun secara berkala. Kemudian nasabah tidak perlu membayar premi asuransi bulanan lagi karena sudah mendapat hasil dari investasi unitlink yang dapat membayarkan biaya premi untuk jangka waktu seumur hidup.

Padahal, sebetulnya hal tersebut belum pasti. Tidak ada yang bisa dijadikan patokan karena hasil investasi pun tidak dapat diprediksi. Yang perlu dipahami, selama nasabah menggunakan asuransi pasti akan ada biaya yang harus dibayar, dan selama perkembangan nilai tunai nasabah cukup untuk membayar biaya-biaya tersebut, maka asuransi akan tetap berlaku.

Namun jika nilai tunai nasabah tidak cukup, maka nasabah harus menambahkan dana ke unitlink supaya manfaat asuransi dapat tetap berjalan. Karena itu, sebaiknya selalu bayar premi asuransi sesuai dengan ketentuan perusahaan. Hanya saja, jika nasabah sewaktu-waktu membutuhkan dana, maka nilai tunai yang telah ada di unitlink dapat diambil sewaktu-waktu.

Selain itu, ada lagi kelebihan berinvestasi melalui asuransi unitlink yakni, nasabah tidak perlu mengolah, mencari, dan mengelola investasi sendiri. Jadi, investasi ini cocok untuk Anda yang tidak mau ribet. Namun, beban biaya asuransi unit link ini memang cukup tinggi.

Jadi bagaimana, apakah Anda berminat untuk mengikuti asuransi unitlink? (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *