Berbagai Jenis Kacang untuk Camilan Sehat Ibu Hamil

Kacang untuk ibu hamil

Sulit rasanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil ketika Ibu sedang mengalami morning sickness yang tengah parah-parahnya. Sebab bagaimana mungkin Ibu bisa menelan makanan jika mencium baunya saja sudah membuat mual? Bahkan tak sedikit Ibu melewati hari tanpa mengonsumsi makanan berat karena perut sulit untuk menerima makanan. Kalaupun ada makanan yang kebetulan tidak membuat ibu hamil merasa mual, diragukan apakah aman atau tidak untuk dikonsumsi. Misalnya seperti bolehkah ibu hamil mengonsumsi kentang goreng?

Kacang untuk ibu hamil
Kacang untuk ibu hamil

Nah, kondisi seperti ini tak bisa dibiarkan. Untuk mengatasinya, Ibu bisa mengakali dengan mengonsumsi camilan sehat, misalnya saja kacang-kacangan. Tidak perlu banyak dan porsinya pun tak perlu besar, yang penting sering. Berikut merupakan beberapa jenis kacang yang bisa Ibu coba:

  1. Almond. Mencari almond di pasaran memang tidak mudah, namun ketika Ibu menemukannya jangan lupa untuk dibeli. Sebab almond memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama bagi ibu yang sedang hamil. Almond mengandung protein tinggi untuk menjaga stamina Ibu saat hamil, vitamin E untuk kulit dan rambut si kecil, serat untuk menjaga agar Ibu tidak mengalami konstipasi, serta asam folat untuk pembentukan otak dan saraf.
  2. Kenari. Kandungan asam lemak omega-3 yang ada di dalam kenari sangat bagus untuk membantu perkembangan otak anak, lho. Kenari juga bisa membantu memenuhi kebutuhan protein harian Ibu sehingga cocok untuk dijadikan sebagai camilan sehat.
  3. Mete. Jenis kacang-kacangan lain yang bisa Ibu coba adalah mete. Mete mudah dicari di pasaran dan cocok untuk dijadikan camilan bagi Ibu yang suka makanan gurih dan renyah. Dalam kacang mete terkandung protein, karbohidrat, lemak baik, zat besi, serta magnesium. Namun demikian, patut diingat pula untuk menjaga konsumsinya agar tidak berlebihan, ya.
  4. Edamame. Edamame merupakan salah satu jenis kacang kedelai yang kaya akan serat, protein, vitamin A, kalsium, dan juga asam folat. Kandungan ini sangat bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil karena bisa membantu mendorong perkembangan janin di dalam perut. Untuk menjadikannya sebagai camilan sehari-hari, Ibu bisa merebus edamame hingga matang lalu konsumsi beberapa butir setiap hari. Rasanya yang enak pastinya akan membuat Ibu ketagihan.
  5. Kacang hijau. Kacang hijau merupakan sumber protein nabati yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Pasalnya, protein dibutuhkan untuk membangun sel-sel janin. Ibu bisa mengonsumsi kacang hijau yang sudah diolah menjadi bubur sehingga bisa dijadikan sebagai menu sarapan. Kacang hijau juga kaya akan serat dan karbohidrat sehingga Ibu bisa merasa kenyang lebih lama.

Itu dia beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa dijadikan sebagai camilan sehat ibu hamil. Patut diperhatikan pula bahwa beberapa orang memiliki reaksi energi pada kacang-kacangan, jadi sebelum mengonsumsinya baiknya Ibu melakukan konsultasi pada dokter. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *