Jenis-Jenis Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Ketahui

Life Insurance paper family

Bagi Anda yang baru saja hendak menggunakannya, asuransi jiwa terbagi menjadi beberapa jenis. Jenis- jenis ini berbeda dengan produk dari asuransi tersebut, dan perbedaan dari jenis-jenis ini terletak pada jangka waktu dan kelebihan yang saling berkaitan. Berikut adalah penjelasan singkat dari masing-masing jenis asuransi jiwa yang tersedia pada umumnya.

  1. Term Life Insurance (Asuransi Jiwa Berjangka)

Sama seperti namanya, asuransi jiwa ini memiliki jangka waktu tertentu dan tidak seumur hidup. Jangka waktu kontrak yang menjadi pilihan pada umumnya adalah 5, 10 atau 20 tahun.

  • Kelebihan dari asuransi jiwa berjangka ini adalah biaya premi rutin nya yang tergolong lebih murah dibandingkan dengan jenis asuransi lainnya. Asuransi Jiwa Berjangka ini cocok bagi Anda yang baru saja akan mulai menggunakan jasa asuransi dengan dana terbatas atau masih belum ingin menetapkan penggunaan perusahaan asuransi dalam jangka Panjang.
  • Kekurangan dari asuransi berjangka ini terletak pada kemungkinan hilangnya hak atas uang premi ketika kontrak telah selesai dan Tertanggung tidak mengalami masalah kesehatan atau meninggal dunia.
  1. Whole Life Insurance (Asuransi Seumur Hidup)

Asuransi seumur hidup adalah asuransi yang memberikan proteksi atau manfaat terhadap Tertanggung dengan umur maksimum 99-100 tahun. Premi yang telah dibayarkan untuk asuransi ini tidak akan hangus dan akan dikembalikan secara keseluruhan pada akhir kontrak oleh perusahaan apabila tidak ada klaim selama asuransi berlangsung.

Sesuai dengan Namanya asuransi seumur hidup akan habis kontrak apabila Tertanggung meninggal dunia. Meskipun biaya premi yang dibayarkan lebih mahal namun biaya tersebut juga memberikan manfaat lebih. Ketika Anda atau Tertanggung meninggal dunia, keluarga akan menerima uang pertanggungan yang bisa digunakan untuk biaya penguburan.

  1. Endowment Insurance (Asuransi Jiwa Dwiguna)

Asuransi Jiwa Dwiguna memberikan dua manfaat sekaligus, yakni manfaat asuransi berjangka dan tabungan. Perbedaan asuransi ini dengan asuransi berjangka adalah Anda dapat menarik polis asuransi dalam waktu tertentu sebelum masa kontrak berakhir seperti halnya dalam tabungan.

Namun perlu diingat bahwa penarikan dana atau polis asuransi Anda hanya bisa dilakukan dalam jangka waktu beberapa tahun sesuai dengan perjanjian yang telah disetujui kedua pihak. Selain itu, ketika jangka waktu berakhir dan Anda masih sehat walafiat, uang pertanggungan atau premi yang telah dibayarkan akan kembali kepada Anda dan tidak hangus.

  1. Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi Jiwa Unit Link menggabungkan manfaat proteksi dari asuransi dengan manfaat investasi. Yang dimana premi yang Anda bayarkan terbagi menjadi biaya asuransi dan biaya investasi. Beberapa perusahaan telah menentukan biaya investasi yang Anda bayarkan kepada tempat penanaman modal tertentu. Namun tidak sedikit perusahaan investasi yang membebaskan pemilihan tempat penanaman modal kepada Anda sebagai pemegang polis.

Apapun jenis asuransi jiwa yang Anda pilih, jangan lupa untuk memilih asuransi dari agen yang telah tersertifikasi ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *