Fatal, Jangan Tinggalkan Rumah Tanpa Perhatikan Ini!

Selain menggunakan asuransi kebakaran rumah untuk menjamin risiko kebakaran rumah atau kehilangan harta benda, ada baiknya mengantisipasi sendiri terlebih dahulu untuk mencegah risiko tersebut, apalagi meninggalkan rumah untuk waktu yang lama. Berikut yang harus diperhatikan sebelum meninggalkan rumah:

  1. Aliran gas

Seringnya terlupa saat sedang menyalakan kompor hanya untuk sekadar masak air ataupun memanaskan makanan lalu meninggalkan dapur begitu saja, hal itu dapat berakibat fatal. Untuk itu, pentingnya mengecek terlebih dahulu dan cabut regulator dari tabung gas agar tidak memicu kebocoran gas bahkan sampai mengalami ledakan dengan keadaan dan kondisi tertentu.

  1. Setrika

Tanpa kita sadari, kebiasaan mencolokkan kabel setrika dan meninggalkan dalam keadaan masih tersambung di stop kontak, dapat menyebabkan panas pada setrika dan aliran listrik masih terus tersambung sehingga dapat menyebabkan korsleting listrik atau terjadinya arus pendek listrik. Hal itu bisa sampai terjadi ledakan apabila tegangannya tinggi.

  1. Modem Internet/WiFi

Meninggalkan rumah dalam waktu sebentar ataupun lama tetap harus mematikan aliran listrik internet sebab cuaca yang tidak dapat diprediksi dapat berbahaya. Bisa saja saat pagi tampak cerah, ketika sore hari hujan deras berangin disertai petir. Aliran listrik yang terus tersambung dapat tersambar petir sehingga dapat terjadi ledakan.

  1. TV dan AC

Sama halnya dengan modem internet, TV dan AC juga perlu dimatikan bahkan dicabut aliran listriknya, karena dapat tersambar petir. Apabila terjadi ledakan yang besar, akan membahayakan rumah hingga dapat menyebabkan kebakaran listrik. Namun, jika Anda ingin menjaga rumah dari maling, ada satu trik yang bisa dilakukan: tetap menyalakan TV saat pergi. Mengapa? Hal ini akan menurunkan risiko kemalingan karena pelaku akan mengira ada orang di rumah Anda dan membatalkan niat jahatnya.

  1. Water Heater

Jarang sekali orang menyadari hal yang satu ini. Aliran listrik yang bekerja pada pemanas air ini, bisa menyebabkan korsleting listrik apabila terus menerus dinyalakan. Untuk itu, baiknya mencabut aliran listrik water heater pada malam hari saat tidak ada yang menggunakan apalagi saat tidak ada orang dirumah untuk waktu yang lama.

Hal-hal tersebut bisa berdampak fatal apabila tidak diperhatikan. Jangan sekali-kali menganggap remeh ya! Jaga keselamatan!

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *