Inilah Beberapa Dampak Buruk Asap Rokok Pada Anak

bahaya asap rokok pada anak
bahaya asap rokok pada anak
bahaya asap rokok pada anak

Sudah banyak yang mengetahui bahwa rokok memiliki berbagai macam banyak dampak bahaya pada tubuh dan kesehatan. Tidak hanya untuk para perokoknya saja, orang-orang, apalagi anak kecil di sekitar yang menghirup asapnya juga pasti akan terganggu kesehatannya. Meskipun banyak arena hiburan keluarga yang sudah memasang peringatan untuk tidak merokok, pasti masih ada saja seseorang yang bandel dan tetap melakukannya. Padahal lingkungan sangat amat rentan akan bahaya dari asap rokok tersebut, terutama ada anak-anak. terpaparnya si kecil pada asap rokok memiliki beberapa dampak yang sangat berbahaya untuknya. Berikut ini adalah diantaranya.

  1. Masalah pernafasan

Gangguan pada sistem pernafasan adalah salah satu bahaya asap rokok yang paling sering terjadi pada anak-anak. Orangtua perokok memberikan banyak peluang untuk anaknya mengidap penyakit asma, bronkitis hingga pneumonia karena seringnya menghirup asap rokok.

  1. Infeksi mata dan telinga

Tidak hanya pada pernafasan asap rokok yang dihasilkan dari sebatang rokok juga dapat menyebabkan infeksi mata pada anak. asap rokok dapat membuat mata menjadi kering dan akhirnya mudah untuk mengalami iritasi. Tidak hanya itu, penelitian juga sudah sering membuktikan bahwa asap rokok juga dapat menyebabkan infeksi telinga pada anak.

  1. Menurunkan daya tahan tubuh

Fungsi organ di dalam tubuh juga dapat turun akibat kandungan karbon monoksida yang terdapat dalam rokok. Karena hal inilah, kemampuan tubuh untuk melawan bakteri dan virus dari luar menjadi menurun.

  1. Memicu perilaku agresif

Terdapat sebuah penelitian yang menyatakan bahwa bahan-bahan beracun yang terdapat di dalam rokok dapat mempengaruhi tumbuh kembang otak si kecil sehingga dapat mengganggu perilakunya. Asap rokok juga dapat memicu perilaku agresif hingga anti sosial.

  1. Meningkatkan peluang untuk mengidap kanker

Fakta tentang bahaya dari asap rokok yang dapat memicu kanker paru-paru memang sudah banyak diketahui oleh orang-orang. Tetapi tidak hanya kanker paru-paru saja, seringnya menghirup dan terpapar asap rokok juga dapat menyebabkan kanker di organ tubuh yang lainnya.

Demikianlah sederet dampak-dampak yang dapat terjadi kepada si kecil bila terus-terusan harus menghirup dan terpapar asap rokok yang berbahaya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *