Ingin Memulai Clean Eating? Yuk Ikuti Cara Ini!

clean eating diet

Sering mengeluh badan pegal-pegal dan sering sakit? Atau bahkan sudah cukup sering mengajukan Allianz klaim saat berobat? Itu tandanya Anda harus mulai lebih serius menjaga kesehatan. Jangan hanya mengandalkan obat-obat kimia, Anda juga harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Banyak orang yang sudah menyadari pentingnya menjalani hidup sehat, termasuk menjaga pola makan. Salah satu pola makan sehat yang telah banyak diterapkan adalah clean eating. Ya, pasti ada sudah pernah mendengar istilah ini. Clean eating merupakan pola makan yang membatasi asupan menu dengan bahan pengawet dan zat aditif. Menu yang dikonsumsi haruslah yang alami dan segar. Namun, tenang saja, clean eating tidak memangkas habis tamabahan gula dan garam, sehingga Anda tak perlu takut rasa makanan hambar.

Sehat tapi tetap bisa makan enak. Mungkin ini salah satu hal yang menarik banyak orang untuk mencoba clean eating. Apakah Anda juga ingin mulai menerapkan clean eating? Berikut beberapa cara dan panduan clean eating yang mungkin bisa bermanfaat:

  • Hindari makanan olahan

Sesuai dengan prinsipnya, clean eating hanya menganjurkan Anda untuk mengonsumsi makanan segar dan alami. Misalnya saja, daripada mengonsumsi nugget, lebih baik mengonsumsi dada ayam yang dipanggang atau direbus. Penelitian menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan segar mengeluarkan kalori lebih banyak untuk mencerna makanan yang masuk daripada saat mengonsumsi makanan olahan (hellosehat.com).

  • Perbanyak buah dan sayur

Buah dan sayur-sayuran segar menjadi bahan utama pada menu clean eating. Selain kaya akan serat, buah dan sayur juga kaya akan mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan vitamin dan mineral yang tercukupi, metabolisme tubuh pun dapat meningkat sehingga tubuh jadi tidak gampang sakit.

  • Pilih karbohidrat kompleks

Untuk makanan pokok, sebaiknya ganti dengan karbohidrat kompleks yang tinggi serat, seperti: gandum, nasi merah, dan lain sebagainya. Karbohidrat kompleks ini juga bisa membantu menurunkan berat badan karena dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

  • Memerhatikan porsi dan waktu makan

Selain itu, porsi dan waktu makan juga harus diperhatikan saat melakukan clean eating. Dianjurkan untuk makan dengan porsi kecil sebanyak 6 kali dalam satu hari. Hal ini dilakukan untuk menjaga gula darah tetap stabil.

Nah, itu dia beberapa cara dasar clean eating yang bisa Anda lakukan. Jangan lupa untuk melengkapiny dengan mengonsumsi air putih dengan cukup ya! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *