Hindari 3 Hal Ini saat Bepergian Pertama Kali ke Luar Negeri!

Hindari saat travelling

Jalan-jalan ke luar negeri di kali pertama mungkin jadi momen paling menegangkan sekaligus menggembirakan bagi banyak orang. Terang saja, pasalnya segala yang ada dan terjadi di luar negeri tentu akan berbeda dengan yang terjadi di negeri sendiri. Mulai dari penduduknya, lingkungannya, kesehariannya, kebudayannya, hingga hukumnya—semua memiliki pola sendiri. Oleh karena itu, jika kamu berencana untuk bepergian ke luar negeri untuk yang pertama kali, yuk simak tips berikut agar agenda jalan-jalan kamu berjalan dengan lancar!

  1. Menyimpan dokumen-dokumen penting di sembarang tempat.

Untuk mengunjungi negara lain, seseorang wajib membawa paspor (dan juga visa) sebagai tanda pengenal. Dimulai dari terminal keberangkatan di negara sendiri, kamu akan melewati pos petugas imigrasi untuk dicek kelengkapan berkas administrasi dan dokumen pribadi, serta ditanya soal tujuan kunjungan. Pun ketika tiba di terminal kedatangan negara tujuan, kamu akan diinterogasi untuk hal yang sama.

Nah, untuk menghindari masalah di dua poin ini, penting sekali bagi kamu untuk menyimpan dokumen penting seperti paspor, tiket pesawat, juga visa (bila diperlukan) di satu tempat yang mudah diingat dan dicari. Kamu juga bisa berjaga-jaga dengan mempersiapkan bukti pemesanan penginapan di negara tujuan. Tip: kamu bisa menaruh dokumen-dokumen tersebut di bagian terluar tas ransel atapun di dalam tas jinjingmu.

  1. Membawa barang terlalu banyak.

Kalau kamu terbang dengan maskapai full service, tentu jumlah bagasi bukan sebuah masalah. Pasalnya, kamu pasti mendapat jatah 25-30 kg untuk penerbangan ke luar negeri. Akan tetapi, kamu perlu mempertimbangkan pula moda transportasi yang akan kamu gunakan di negara orang nanti. Apakah kamu akan menggunakan taksi dari bandara menuju penginapan? Ataukah kamu menggunakan transportasi umum seperti subway ataupun bus?

Kalau nantinya kamu menggunakan transportasi umum, membawa koper besar ataupun bawaan yang terlalu banyak jelas akan merepotkanmu. Tip: susun daily outfit kamu selama liburan di luar negeri sebelum melakukan packing supaya barang bawaan kamu ekonomis dan efektif.

  1. Mengabaikan rencana perjalanan.

Sebagian orang memang suka go show ketika melakukan perjalanan. Pun jika kamu merupakan tipe pelancong seperti ini, tak masalah. Asalkan, kamu sudah memiliki bayangan tentang tempat atau aktivitas yang bisa kamu lakukan di luar negeri. Jangan sampai, selama berhari-hari kamu hanya mondar-mandir dan tidak ‘mendapatkan’ apa-apa dari perjalananmu itu.

Namun jika kamu suka detail, maka mengabaikan pembuatan rencana perjalanan atau itinerary adalah kesalahan besar. Pasalnya, perjalananmu hanya akan menjadi sia-sia. Makanya, jangan lupakan menyusun itinerary kamu, ya. Sebab ketika kamu melakukannya, sebetulnya kamu juga sekaligus mempelajari negara tujuan kamu, lho—mulai dari lokasi, transportasi, sampai opsi lain yang mungkin bisa menarik minatmu kelak.

Nah, sekarang sudah tahu, kan, apa yang harus kamu hindari ketika ingin bepergian ke luar negeri untuk kali pertama? Selamat melancong, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *