Demotivasi? Lakukan Hal-Hal Ini Untuk Mengembalikan Semangatmu

mengembalikan semangat yang menurun
mengembalikan semangat yang menurun
mengembalikan semangat yang menurun

Jalan hidup tiap manusia memang tidak ada yang tahu. Ada orang yang hari ini sehat-sehat saja, namun keesokan harinya mendapatkan vonis penyakit keras sampai membutuhkan perawat untuk orang sakit di rumah, tiba-tiba harus meluangkan waktu dan tenaga untuk menjaga orang tersayang yang sedang dirawat di rumah sakit, atau ada pula yang harus tiba-tiba kehilangan orang terkasihnya. Atau ada juga  Tidak semua orang kuat menghadapi ujian yang diberikan kepada mereka. Beberapa bahkan jatuh ke titik terdalam hidupnya. Namun, alangkah baiknya bila mendapatkan cobaan, kita menerima dengan hati lapang agar perasaan marah dan demotivasi dapat kita kurangi.

Nah, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengembalikan semangat Anda yang sedang turun:

  • Lakukan atau jelajahi hal-hal yang disukai. Klasik, memang, tapi percayalah, hal-hal yang Anda gemari akan membantu banyak dalam mengembalikan semangat Anda. Pasalnya, melakukan kegiatan yang disenangi akan memberikan adrenalin untuk diri. Sehingga, energi positif akan Anda dapatkan saat dan setelah melakukan atau menjelajahi hal-hal yang Anda sukai. Jangan batasi pada hal-hal kecil yang berada di sekitaran Anda saja, tapi cobalah kegiatan yang sebetulnya Anda senangi tapi belum atau jarang Anda lakukan. Misalnya, seorang AvGeek—pecinta dunia aviasi—dapat mengunjungi bandara untuk memerhatikan traffic penerbangan atau sekadar berkeliling terminal.
  • Fokuskan pada diri Anda. Seringkali ketika sedih, kita sibuk pada hal-hal negatif yang terjadi di hidup kita. Tidak jarang juga kita justru menjadi lebih peka pada kehidupan orang lain, kemudian mulai membanding-bandingkannya. Akibatnya, kita melupakan begitu banyak hal baik dan penting dalam hidup kita. Termasuk, diri kita sendiri. Kebahagiaan diyakini datang dari dalam diri kita sendiri. Oleh karena itu, tetapkan fokus Anda pada diri sendiri untuk mengembalikan semangat. Carilah hal, kegiatan, ataupun benda yang dapat membuat Anda bahagia. Dengan demikian, fullness atau kekuatan batin akan Anda peroleh.
  • Jalan-jalan sendiri. Dalam keadaan terpuruk, segelintir orang merasa tidak perlu bantuan atau nasehat orang lain. Sebab, dalam benak mereka, orang lain tidak akan mengerti situasi yang sedang mereka alami. Memang benar bahwa keadaan satu orang tidak akan pernah sama dengan orang lain. Maka, ada baiknya Anda mencoba untuk berjalan-jalan seorang diri. Dengan tidak bergantung pada orang lain, Anda dapat menentukan sendiri ke mana tujuan dan hal-hal apa yang ingin Anda lakukan untuk mengembalikan semangat. Anda dapat berjalan-jalan ke mal, kota wisata di provinsi sebelah, atau bahkan solo traveling ke kepulauan maupun luar negeri.

Nah, itulah dia 3 hal yang dapat Anda lakukan ketika mengalami demotivasi. Selamat mencobanya, dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *