Dalam Asuransi Syariah, Kedua Belah Pihak Harus Untung

Asuransi syariah

Enaknya ikut asuransi syariah, Anda bisa dapat untung saat mengajukan Allianz Klaim asuransi ini ketika terjadi risiko. Tidak hanya perusahaan asuransi saja yang dapat untung. Kebanyakan orang merasa dirugikan ketika mengambil asuransi konvensional. Pasalnya, dana yang mereka setorkan digunakan untuk hal yang lebih produktif. Dan siapa yang mendapatkan keuntungan? Tentu saja perusahaan. Ini disebabkan semua dana yang disetorkan bebas untuk digunakan apa saja oleh perusahaan.

Berbeda dengan sistem syariah. Anda sebagai peserta yang menyetor dana bisa mendapatkan keuntungan. Pasalnya, sistemnya adalah bagi hasil. Jadi, dana yang Anda investasikan akan berbuah keuntungan karena dana tersebut digunakan untuk hal-hal yang bersifat produktif lainnya. Dan keuntungan dibagi dengan Anda, tidak hanya dimiliki oleh pihak perusahaan. Jika keuntungan tinggi, Anda pun dapat bagian yang tinggi.

Asuransi syariah
Asuransi syariah

Inilah yang membuat asuransi syariah menguntungkan kedua belah pihak, yaitu Anda sebagai peserta dan juga perusahaan. Ini juga yang menjadikan asuransi berbasis syariah disebut juga sebagai asuransi jiwa dan investasi. Di satu sisi, Anda mengambil asuransi untuk perlindungan atau proteksi. Di satu sisi, Anda sedang menginvestasikan sejumlah dana dengan mengajak kerjasama pihak asuransi. Suatu saat, nanti Anda akan merasakan keuntungan dari investasi yang Anda lakukan tersebut.

Konsep inilah yang diterapkan oleh Allianz Syariah melalui produk AlliSya Protection Plus. Dengan mengambil asuransi ini, Anda sedang melakukan investasi juga. Dan apa yang Anda dapatkan?

  • Yang pertama, perlindungan. Anda akan mendapatkan asuransi ketika musibah menimpa Anda.
  • Yang kedua, Anda melakukan investasi. Uang yang Anda setorkan akan diputar dan digunakan untuk hal yang produktif. Dan ketika ada keuntungan, Allianz akan membagi keuntungan tersebut.
  • Yang ketiga, dan ini yang penting adalah tolong menolong. Dalam Islam, kita sangat disarankan untuk saling membantu, terutama kepada orang yang sedang dalam kesusahan. Dan ini konsep utama asuransi syariah. Pada intinya, peserta asuransi ini saling sedang saling membantu. Santunan yang diberikan oleh Allianz adalah dana yang Anda dan peserta lain setorkan.

Untuk bisa ikut asuransi berbasis syariah ini, ada dua pilihan investasi yang bisa Anda pilih.

  1. Fixed Income Fund

Dari namanya saja, Anda sudah bisa tebak, bukan? Jadi, Anda akan mendapatkan pendapatan yang sifatnya stabil

  1. Balanced Fund

Ini berbeda dengan yang pertama. Anda akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan pertumbuhan dana yang terjadi.

Sudah tidak ada yang perlu diragukan lagi. Jika kemarin Anda mendengar fatwa asuransi itu haram, kini sudah ada alternatif asuransi yang halal. Keharaman asuransi konvensional disebabkan ada unsur-unsur yang tidak sesuai dengan aturan agama Islam, seperti penambahan (riba), ketidakjelasan (gharar), ada pihak yang dirugikan, serta bersifat spekulatif yang disamakan dengan perjudian. Inilah yang membuat munculnya fakwa asuransi itu haram.

Namun, karena unsur tersebut tidak ada di dalam asuransi syariah, maka Anda tidak perlu ragu lagi. Sekarang, Anda sudah bisa tenang mengambil asuransi yang sesuai dengan Islam. Hati akan semakin tenang jika semua muammalah sesuai dengan tuntunan agama, bukan? Anda mendapatkan proteksi. Anda pula melakukan investasi yang sesuai dengan syariah. Jadi, Anda menjalankan hidup benar-benar sesuai dengan tuntunan agama.

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *