Coba Kuliner Manis Khas Turki Ini, Bikin Kamu Ketagihan!

Turkish delight yang nikmat

Sudahkah menikmati berbagai wisata indah dengan paket liburan ke Turki? Saatnya kamu menikmati kuliner manis khas Turki yang melezatkan dan menggugah selera. Kuliner khas Turki yang bercitarasa tinggi ini, menjadi pemikat hati bagi wisatawan lokal maupun asing yang berkunjung ke Negara ini.

  1. Turkish Delight/Lokum

Snack ini biasa dijadikan buah tangan oleh para wisatawan. Berbagai warna dan bentuknya yang manis dan unik, serta wanginya yang khas, tidak afdol kalau belum mencoba dan memberikan ini kepada famili. Terbuat dari bahan dasar gel pati serta gula, Lokum disajikan dalam bentuk potongan-potongan berupa kubus dan bundar, serta berbagai warna. Bahan lain yang akan ditambahkan pada makanan khas Turki ini adalah potongan kurma, kacang-kacangan dan bahan perasa seperti mint, jeruk Bergamot, lemon, dan kayu manis. Selain itu, Lokum akan dilapisi dengan bubuk putih agar tidak lengket.

  1. Dondurma

Kuliner ini cukup terkenal di berbagai negara dan bisa di nikmati berbagai tempat, seperti festival kuliner food truck. Di Indonesia sudah mengenal ice cream ini. Teksturnya yang lembut dan creamy, membuat kamu ketagihan. Selain itu, tekstur dondurma juga lengket sebab menggunakan salep yang terbuat dari tepung akar tanaman anggrek dan mastic getah tumbuhan. kamu juga akan melihat atraksi si pembuat ice cream yang sangat menghibur.

  1. Baklava

Roti ini berisikan kacang dan dihidangkan dengan madu atau sirup. Kuliner ini hampir serupa dengan kue bolen pisang seperti di Indonesia.

  1. Simit

Roti yang banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara ini, dapat kamu temukan di pinggir jalan. Para penjual kaki lima menjajakan simit di gerobak-gerobak. Bahkan Ada yang menjual simit dengan cara ditumpuk di kepala. Roti melingkar seperti cincin dengan permukaan dipwnuhi wijen ini, cocok kamu nikmati sambil minum the di pagi hari.

  1. Misir, Kesane, dan Ice almond

Seperti simit, camilan ini juga dijual oleh pedagang gerobak keliling dan menjadi favorit wisatawan lokal maupun tidak. Misir itu adalah jagung bakar atau jagung rebus, kesane adalah kastanye bakar, serta ice almond adalah kacang almond yang diberi es diatasnya.

  1. Kazandibi

Kuliner dimasak menggunakan pot tanah dengan taburan gula bubuk di bagian bawahnya. Saat dimasak, gula bubuk akan berubah menjadi karamel sehingga cita rasa manis dan wanginya yang khas akan menguggah selera dan meleleh di mulut.

  1. Sekerpare

Kue ini cocok dinikmati sebelum makan makanan berat. Kue yang sangat lembut dan dimasak dengan di panggang ini, biasanya terdapat kacang diatasnya dan dicelupkan ke dalam sirup kental.

  1. Firin Sutlac

Kuliner ini biasa dijadikan makanan penutup yang disebut juga pudding nasi panggang.

Terbuat dari campuran tepung beras, air, susu, gula dan ekstrak vanilla, kudapan ini menghasilkan cita rasa manis yang menggoda. Untuk mempermanis tampilannya, taburan bubuk kayu manis atau hazelnut akan ditambahkan pada firin sutlac.

Yummy! Itulah beberapa kuliner manis khas Turki yang bisa kamu cicipi sebelum atau sesudah makan berat, sudah siapkah kamu berlibur ke Turki?

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *