Cegah Tekanan Darah Tinggi dengan Membatasi Makanan Ini

mencegah darah tinggi

Peningkatan tekanan darah di atas normal atau hipertensi sudah umum terjadi di masyarakat. Meskipun biaya pengobatan penyakit seperti hipertensi di-cover oleh Allianz klaim, Anda tetap harus menjaga kesehatan agar tekanan darah tetap stabil dan normal.

Jika Anda merasakan tanda-tanda seperti pusing, sakit kepala, telinga berdengung, tengkuk pegal, mudah lelah, mata berkunang-kunang, sebaiknya segera periksa tekanan darah. Sebab, tekanan darah dapat melambung tinggi jika mencapai 140/90 mmHg.

Salah satu cara yang paling efektif untuk menghindari hipertensi adalah dengan memilih makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, beberapa makanan dapat memicu tingginya tekanan darah, sehingga lebih baik dibatasi. Berikut ini daftar makanan yang sebaiknya dikurangi untuk mencegah tekanan darah tinggi:

mencegah darah tinggi
mencegah darah tinggi
  • Hindari makanan olahan. Kini kita hidup di zaman yang serba praktis, hingga memasak makanan pun tidak mau yang ribet. Oleh karenanya, makanan olahan sering menjadi pilihan. Padahal, makanan olahan seperti frozen food, sosis siap saji, makanan kaleng, dan lain-lain mengandung garam natrium yang bisa memicu hipertensi.
  • Makanan berlemak tinggi. Lemak jenuh juga harus diwaspadai oleh para penderita hipertensi. Selain dapat memicu hipertensi, makanan berlemak jenuh seperti gorengan, daging sapi, dan lain-lain juga dapat memicu penyakit jantung.
  • Makanan yang diawetkan. Makanan seperti asinan, acar, abon, ikan asin, dan lain-lain juga tidak dianjurkan. Sebab, makanan yang diawetkan dapat meningkatkan tekanan darah.
  • Makanan manis. Selain makanan yang mengandung garam tinggi, makanan manis juga perlu dibatasi. Pasalnya, gula dapat meningkatkan risiko obesitas. Sedangkan obesitas dapat memicu tekanan darah tinggi.
  • Bumbu penambah rasa. Rasanya hambar jika makan tanpa tambahan saus, kecap, terasi, dan lain-lain. Namun, sebaiknya batasi juga penggunaan penyedap rasa dan bumbu-bumbu penambah rasa. Pasalnya, kandungan garam natrium dalam bumbu tersebut juga dapat memicu hipertensi.
  • Makanan mengandung alkohol. Bukan hanya minuman, makanan yang mengandung alkohol seperti durian dan tape juga dapat memicu hipertensi. Apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Karenanya, batasilah makan makanan tersebut.

Kurang lebih, itulah makanan yang perlu dihindari untuk mencegah hipertensi. Lebih baik mencegah sebelum terlambat bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *