Cara Menyalip Kendaraan yang Aman di Jalan Raya

Bagi Anda yang baru lancar mengendarai mobil, menyalip kendaraan lain di jalan raya merupakan momen yang terbilang menegangkan. Jangankan menyalip truk semen, menyalip kendaraan roda dua alias motor saja sudah membuat jantung berdebar.

Nah, sebenarnya menyalip kendaraan lain bukanlah hal yang menakutkan, kok. Ada beberapa cara dan langkah yang bisa dicoba agar Anda bisa menyalip dengan aman dan nyaman. Apa saja? Cek daftar berikut ini, ya!

menyalip yang aman
menyalip yang aman
  1. Cek lajur sebelah kanan

Jika Anda berada di jalanan dua arah, sebelum mendahului kendaraan lain jangan lupa untuk mengecek lajur di sebelah kanan terlebih dahulu. Pastikan jalan berada dalam kondisi yang kosong dan juga aman, dalam artian tak ada kendaraan dari arah berlawanan yang terlihat.

  1. Perhatikan kendaraan di depan Anda

Setelah memastikan lajur aman, jangan lupa untuk cek kendaraan di depan Anda. Jika mobil tersebut menyalakan lampu sein kanan, maka sebaiknya Anda jangan memaksa untuk menyalip. Sebab lampu sein ini bisa berarti dua hal: pertama, mobil di depan hendak berbelok ke kanan dan kedua, merupakan tanda dari mobil depan bahwa kondisi tidak sepenuhnya aman. Jadi, tahan saja dulu. Jika memang memungkinkan, barulah menyalip.

  1. Jangan lupa cek spion

Selain memerhatikan mobil di depan Anda, jangan lupa juga untuk mengecek mobil yang melaju di belakang Anda. Jika mobil di belakang sudah memberi tanda untuk mendahulu Anda, maka tunggu dulu sampai mobil tersebut lewat dan baru mulai menyalip.

  1. Perhatikan kontur jalan

Ketika hendak menyalip, tak jarang Anda kurang memerhatikan kontur jalan dan hanya fokus pada kendaraan yang hendak disalip. Nah, hal tersebut cukup berbahaya karena kontur jalan sedikit banyak berpengaruh pada keamanan Anda saat berkendara. Disarankan untuk menyalip kendaraan lain ketika jalanan berada dalam posisi lurus dan tidak menanjak. Hindari mendahului kendaraan lain ketika posisi jalan sedang menanjak atau berkelok. Sebab Anda tak bisa melihat kendaraan yang datang dari arah berlawanan sehingga membahayakan.

  1. Nyalakan lampu sein saat hendak menyalip

Jika Anda sudah siap untuk menyalip, jangan lupa untuk menyalakan lampu sein. Ini penting untuk memberi tanda pada mobil di depan dan juga belakang Anda.

Itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyalip kendaraan lain di jalan raya dengan cara yang aman dan nyaman. Semoga membantu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *