Ruang Tamu di Apartemen Sempit? Ini Caranya Agar Lebih Luas

Ruang tamu kecil tapi luas

Bukan menjadi rahasia umum lagi jika apartemen memiliki konsep minimalis sehingga setiap ruangan di dalamnya memiliki luas yang terbatas. Mulai dari ruang tamu, dapur, toilet, hingga kamar tidur, semuanya disusun secara minimalis sehingga membuat kamu tidak bebas dalam berkreasi. Namun demikian, jangan khawatir, nih. Ada banyak cara yang bisa dibuat untuk mengakalinya. Misalnya, ruang tamu di apartemen The Parc kamu terasa sempit, kamu bisa lho mengakalinya dengan cara ini:

Ruang tamu kecil tapi luas
Ruang tamu kecil tapi luas
  1. Manfaatkan cermin. Yap, kamu sudah tahu dong kalau dalam dunia interior, cermin ini bagaikan penyelamat karena ilusi optiknya dapat membuat ruangan terasa lebih luas. Ruang tamu pun demikian; buat ilusi bahwa ruangan lebih luas dari seharusnya, dengan meletakkan cermin di dinding ruang tamu.
  2. Cat dinding dengan warna putih. Selain memasang cermin, trik berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan mengecat dinding dengan warna putih. Warna putih tidak hanya membuat ruangan terasa lebih terang tetapi juga membuat ruangan terasa lega. Tidak perlu tambahkan ornamen apa pun di dinding, cukup cat seluruhnya dengan warna putih dan pasang cermin di salah satu dinding.
  3. Furnitur mungil. Selanjutnya, pintar-pintarlah dalam memilih furnitur untuk mengisi ruang tamu. Mengingat ruangannya terbatas, akan lebih bijak jika kamu memilih furnitur yang memiliki bentuk mungil dan dengan detail yang tidak terlalu ramai. Pilihlah sofa yang berwarna polos dan tidak bermotif, serta bentuknya tidak memakan tempat.
  4. Pasang karpet. Banyak yang mengatakan bahwa karpet membuat ruangan terasa sempit. Namun demikian, jika tahu caranya, karpet justru dapat membuat ruangan terasa luas, lho. Bagaimana caranya? Yakni dengan memasang karpet ukuran kecil untuk menutupi permukaan lantai di bawah meja. Usahakan agar karpetnya tidak sampai menyentuh kaki sofa karena hal ini malah membawa efek penuh di ruangan, ya.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membuat ruang tamu di apartemen yang sempit menjadi lebih luas. Namun demikian, tak menutup fakta bahwa kecilnya ruang apartemen ini seringkali membuat seseorang lebih nyaman dan membuat banyak traveler untuk memilih apartemen dibanding hotel sebagai tempat menginap saat liburan. Tentu, semua kembali pada preferensi masing-masing mengenai luas apartemen.

Kalau kamu sendiri bagaimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *