Cara Cuci Masker yang Benar untuk Perlindungan Covid-19

cara cuci masker

Menggunakan masker secara rutin setiap hari ketika keluar rumah menjadi hal yang harus dilakukan oleh semua orang. Sebab, penggunaan masker yang benar dapat secara efektif mencegah penyebaran COVID-19. Terutama ketika Anda berada di ruang publik, seperti saat memanfaatkan asuransi kesehatan untuk berobat di rumah sakit.

Memang, penggunaan masker sangatlah penting untuk diperhatikan. Sebab dengan menggunakan masker, Anda bisa mencegah jatuhnya droplet dari mulut mau pun hidung pada saat berbicara, bersin, atau batuk. Dengan begitu Anda bisa mengurangi risiko penyebaran virus tersebut, terutama penyebaran dari benda sekitar yang sudah terpapar virus akibat terkena droplet. Tentunya kebiasaan ini akan berdampak besar jika semua orang menyadari hal tersebut dan mulai menggunakan masker dengan benar.

Namun, selain dari cara penggunaan masker yang benar ada hal penting lain yang harus diperhatikan, yaitu proses mencucinya. Sebab setelah dicuci masker tersebut pasti akan Anda gunakan kembali nanti dan artinya jika ada sisa droplet atau kuman dan bakteri yang menempel, dapat terhirup saat Anda bernapas.

Sebenarnya, cara mencucinya tidak begitu sulit yaitu. Berikut ini adalah cara yang disarankan oleh healthline dan CDC:

Menggunakan mesin cuci

  • Anda bisa menggabungkan masker dengan cucian harian Anda
  • Gunakan detergen yang biasa Anda gunakan untuk mencuci dengan dicampur pemutih atau bleach.
  • Aktifkan fitur air hangat pada mesin cuci, sesuaikan suhu dengan jenis bahan masker Anda.
  • Keringkan masker di bawah sinar matahari yang cukup panas hingga benar-benar kering

Menggunakan tangan

  • Siapkan cairan pemutih atau bleach product yang bisa digunakan untuk kain berwarna. Namun, pastikan bahwa produk tersebut bisa berfungsi sebagai disinfektan. Menurut CDC cairan yang disarankan adalah mengandung sodium hipoklorit 5,25%-8,25%.
  • Rendam masker selama 5 menit pada campuran 4 sendok cairan pemutih dengan 1 liter air (jika air lebih dari 1 liter maka bisa gunakan perbandingan 1:4 untuk air dengan cairan pemutih).
  • Buang campuran larutan tadi dan kemudian bilas air menggunakan air dingin atau air dengan suhu ruang.
  • Keringkan masker di bawah suhu tinggi.

Hal yang harus Anda perhatikan saat mencuci masker adalah pastikan untuk mencuci tangan sebelum melepas masker dari wajah. Anda juga harus mencuci tangan setelah memasukkan masker ke mesin cuci karena ada kemungkinan virus, bakteri, atau kuman yang ada pada masker menempel pada tangan Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *