Cara Asik Mengajarkan Menjaga Keuangan Kepada Anak

Mengajarkan keuangan pada anak

Pada umumnya, anak kecil belum mengerti apa kegunaan dari uang dan seberapa pentingnya untuk mengelola keuangan. Namun, ketika waktunya tiba, Anda sebagai orangtua harus mengajarkan bagaimana menghargai uang dan mengelola keuangan pada Si Kecil. Jika hanya dijelaskan langsung secara verbal, mungkin anak-anak akan sulit memahaminya. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya dengan mengajak anak bermain roleplay di tempat wisata edukasi anak, tepatnya di KidZania.

Seperti yang telah Anda ketahui, di KidZania, anak-anak bisa mencoba deretan profesi dari bidang media, kesehatan, dan lain-lain, termasuk keuangan. Dalam bidang keuangan, anak-anak dapat mencoba peran sebagai pegawai bank dan petugas pengaman keuangan. Kedua profesi ini bisa diperankan di dua establishment yang berbeda, yakni di Bank of KidZania dan Vault, Depository and Security Service. Ingin tahu lebih lengkap kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di kedua establishment ini? Simak di bawah ini!

  • Bank of KidZania

Di Bank of KidZania, anak-anak bisa berperan sebagai teller, customer service staff, customer assistant, dan juga customer. Tujuan dari bank ini adalah menjaga KidZos (mata uang KidZania) dengan aman. Di bank ini, anak-anak dapat membuka rekening, mengatur tabungan, mendapatkan kartu debit pribadi, bahkan investasi layaknya bekerja di sebuah bank sungguhan.

  • Vault, Depository and Security Service

Jika ingin melatih rasa tanggung jawab anak dalam menjaga keuangan, Anda bisa mengajaknya menjadi petugas pengaman keuangan. Di sini anak-anak bertugas untuk mengamankan KidZos yang didonasikan oleh masyarakat kota KidZania. Selain menyimpan uang dan barang-barang berharga di ruang pengaman, anak-anak juga bisa membagi dan mendonasikan sejumlah KidZos untuk kepentingan masyarakat di Kota KidZania.

Nah, dengan berperan di kedua establishment tersebut, secara tidak langsung anak-anak dapat memahami nila uang, mengetahui manfaat dan fungsi uang, serta bertanggung jawab untuk menjaganya. Terlebih, saat bertugas menghitung uang, anak-anak dapat belajar akan nilai kejujuran dan melatih kemampuan kognitifnya. Sedangkan saat bekerja dengan orang lain, anak-anak bisa megasah kemampuan komunikasinya.

Bagaimana, ternyata semudah itu kan mengajarkan anak-anak tentang dunia keuangan? (Rima)

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *