Bolehkah Mendengarkan Musik Saat Berkendara?

mendengarkan musik saat berkendara

Mendengarkan musik, merupakan kegiatan yang menyenangkan dan menenangkan. Wajar saja jika hal ini biasa dilakukan oleh sebagian besar masayarakat. Ada yang mendengarkan musik sambil bekerja, sambil membaca, atau saat sedang bosan menunggu antrian ganti oli motor. Setidaknya dengan mendengarkan musik, rasa bosan saat menunggu akan hilang.

Namun, bagaimana dengan mendengarkan musik sambil berkendara? Bolehkah dilakukan?

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus yang mengatur boleh atau tidaknya mendengarkan musik sambil berkendara. Dalam situs kumparan.com disebutkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 106 ayat 1 menyatakan bahwa setiap orang yang mengendarai kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudi dengan wajar dan penuh konsentrasi. Dan pada pasal 283 disebutkan bahwa pengemudi mobil dan motor yang berkendara sambil melakukan kegiatan lain yang mengganggu konsentrasi bisa dipidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda maksimal Rp75.000.

Lalu, apa itu artinya boleh mendengarkan musik selama berkendara?

Berhubung tidak ada peraturan langsung yang menyatakan tidak boleh, artinya kamu masih boleh melakukannya dengan memerhatikan beberapa hal berikut:

  1. Jangan menggunakan earphone

Earphone akan membuat kemampuan mendengarmu menjadi berkurang. Bahkan beberapa di antaranya bisa membuat kemampuan mendengar area sekelilingmu benar-benar hilang selama menggunakan earphone. Padahal, pada saat mengemudi sangat penting untuk kamu selalu waspada kondisi di area sekitar. Dengan berkurangnya kemampuan mendengar, tentu hal ini termasuk kategor yang mengganggu kegiatan menyetir.

  1. Pilih lagu yang tenang

Bagi beberapa orang, lagu bisa memainkan emosi mereka. Untuk kamu yang seperti ini, pastikan memilih lagu yang dapat memberimu ketenangan dan tidak membuatmu merasa emosional. Dengan begitu, kegiatan berkendaramu tidak akan terganggu.

  1. Kendalikan diri

Bernyanyi sambil mendengarkan lagu memang menyenangkan, apalagi jika dalam kendaraan kamu bersama dengan teman-teman dekatmu. Namun, tahukah kamu bahwa hal ini cukup berbahaya? Karena dapat membuat fokusmu menjadi terpecah sehingga kurang waspada terhadap kondisi sekitar.

Untuk kamu yang hobi mendengarkan musik, pastikan untuk memerhatikan berbagai hal di atas ya. Jangan sampai hobimu jadi petaka untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *