Biaya Lain di Luar Cicilan Mobil yang Harus Diperhatikan

Mudahnya proses pembelian mobil membuat sebagian besar masyarakat memilih untuk membeli kendaraan beroda empat alih-alih motor. Namun demikian, sayangnya kemampuan beli ini tak diiringi dengan perencanaan keuangan yang matang sehingga cicilan seringkali berakhir tragis. Oleh sebab itu, meskipun sudah banyak perusahaan pembiayaan terbaik di Indonesia, sebagai pembeli Anda pun harus lebih cerdik dan jeli, lho. Sebab tak hanya biaya cicilan saja yang harus dibayarkan setiap bulan, setelah membeli mobil ada biaya lain yang mengikuti, yakni:

  1. Biaya parkir

Sederhana, namun seringkali terlewat. Ya, apalagi jika bukan biaya parkir? Meskipun biayanya hanya sekitar Rp2.000 sampai Rp4.000 per jam, bukan berarti hal ini tidak perlu diperhitungkan. Patut diperhatikan juga bahwa biaya parkir yang dibayarkan biasanya dalam hitungan jam, yang artinya semakin lama Anda parkir di tempat tertentu, maka biayanya pun juga akan semakin tinggi. Terlebih untuk Anda yang sering wara-wiri dari satu pusat perbelanjaan, kantor, mall, ataupun restoran, bisa dihitung berapa banyak uang yang keluar untuk membayar biaya parkir? Jadi, jangan lupa untuk perhitungkan biaya parkir ini, ya!

  1. Bensin dan tol

Biaya kedua yang tak kalah penting untuk diperhitungkan adalah pengeluaran untuk bensin dan tol. Hal ini bisa dicek lagi pada kebutuhan Anda terhadap mobil yang ingin dibeli. Akan digunakan untuk apa mobil tersebut? Untuk digunakan ke kantor, mengantar anak sekolah, atau dipakai sesekali untuk bepergian bersama keluarga? Semakin rutin dan semakin sering mobil digunakan, maka biaya bensin dan tolnya pun akan semakin tinggi.

  1. Servis rutin

Agar kendaraan Anda tetap prima, maka membawanya ke bengkel secara rutin merupakan satu kewajiban. Servis rutin biasanya tak memakan biaya yang cukup besar—dengan catatan, tak ada hal yang bermasalah di mobil Anda. Jika ditemukan adanya problem, entah itu di mesin atau hal lainnya, maka biaya servis pun akan lebih besar.

  1. Pajak STNK tahunan

Jangan lupa: masih ada biaya lain yang harus Anda pertimbangkan, yakni biaya pajak STNK tahunan. Biaya ini wajib Anda keluarkan setiap tahun agar mobil bisa digunakan dengan aman dan akan mempermudah Anda saat perpanjangan STNK nantinya. Biaya pajak STNK ini beraneka ragam, tergantung jenis dan tahun mobil.

  1. Asuransi

Terakhir adalah biaya asuransi mobil. Tak hanya cicilan saja yang harus dibayar setiap bulan, premi asuransi juga wajib dibayarkan. Memang, masih banyak yang menganggap bahwa asuransi mobil tidaklah penting. Hanya saja, bagi Anda yang hendak mencicil mobil, asuransi ini wajib dimiliki untuk memberikan Anda proteksi lebih pada kendaraan yang dimiliki.

Nah, itu dia beberapa biaya yang harus dikeluarkan selain cicilan mobil. Jangan lupa diperhitungkan dengan baik agar kondisi Anda tidak terganggu ke depannya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *