Tambah Pengalaman Berenang di Lautan Bersama Hiu Paus. Berani Coba?

berenang bersama hiu paus

Pernahkah Anda membayangkan berenang bersama hiu paus di lautan lepas? Hal tersebut bisa menjadi kenyataan dan pastinya akan mendapatkan pengalaman menarik yang sangat berkesan. Namun, sebelum kesana, Anda wajib mencari pemandu untuk melakukan hal tersebut serta menggunakan asuransi wisata domestik agar perjalanan semakin nyaman dan aman. Nah, pengalaman ini bisa Anda rasakan di beberapa pulau di Indonesia:

  1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Manokwari, Papua Barat

Keindahan bawah lautnya ditambah Anda bisa merasakan berenang dan berinterksi langsung dengan hiu paus disini. Tapi jangan khawatir, hiu paus tidak seperti hiu lainnya karena mereka lembut dan cukup ramah. Hiu paus ini juga menghampiri manusia yang berenang disekelilingnya. Tingkah lakunya ini menjadi penarik wisatawan untuk langsung berinteraksi dengan mereka.

  1. Pantai Botubarini, Gorontalo

Pantai Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menjadi ramai karena kedatangan hiu paus beberapa tahun lalu seiring dengan beroperasinya pabrik udang di Botubarani yang membuang limbahnya ke laut dan menjadi penarik hiu paus. Limbah tersebut diketahui menyuburkan plankton yg menjadi salah satu makanan hiu paus.  Anda bersama pemandu serta wisatwan lain akan melihat paus hiu yang berukuran sangat besar ini. Namun, ingat untuk jaga jarak dan selalu ikuti instruksi pemandu wisata Anda ya. Bagi Anda yang hanya ingin melihat dari permukaan air, Anda bisa menyewa perahu dengan harga yang cukup terjangkau.

  1. Talisayan, Kalimantan Timur

Talisayan, tidak hanya dikenal karena Labuan Cermin yang memikat, tetapi juga spot yang cantik untuk renang bersama hiu paus. Anda pun tidak perlu berenang terlalu dalam karena saat diberi makan oleh para warga disana, hiu paus akan berada pada kedalaman 5meter saja sebelum kenyang dan kembali ke tengah laut.

  1. Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Taman Nasional Wakatobi dikenal dengan julukan surga menyelam selain Raja Ampat. Keindahan terumbu karang dan biota laut sangat mendorong kita untuk merasakan sensasi langsung pesona lautnya. Disana Anda akan menjumpai berbagai ikan besar, seperti ikan hiu paus, paus sperma (Physeter macrocephalus), maupun ikan pari manta yang terbilang raksasa.

Meski hiu paus tergolong ikan besar yang cukup ramah dan lembut, namun sejinak apapun hewan, tetap memiliki insting yang berbeda dengan manusia. Untuk itu, wisatawan wajib mengikuti seluruh intruksi pemandu yang ada. Selain itu, pastinya Anda harus memahami dan mengikuti peraturan terlebih dahulu apa yang harus disiapkan dan dilakukan agar tetap tenang dan bersahabat di lautan sana. Dan pastinya selalu jaga kebersihan laut ya untuk kelangsungan hidup biota laut. Selamat mencoba, have a great experience!

Sekalipun berenang bersama hiu paus memberikan kesan yang sangat menyenangkan, namun sebelum merasakan pengalaman seperti ini ada baiknya ketahui dulu cara memangkas budget liburan secara cerdas. Dengan mengetahui ini, tentu nantinya tidak akan mengganggu perjalanan liburan Anda, kan? Semoga bermanfaat, ya!

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *