Begini Cara Menjaga Kelembapan di Apartemen!

menjaga kelembapan udara di apartemen

Menjaga kelembapan udara di ruangan apartment Jakarta memang wajib hukumnya. Sebab, jika kelembapan udara terlalu tinggi maka bisa membahayakan kesehatan, seperti menyebabkan gatal-gatal, flu, bahkan gangguan pernapasan. Untuk itu, cobalah beberapa tips mudah ini agar kelembapan udara di apartemen tetap terjaga:

  1. Buka jendela apartemen. Jika apartemen dilengkapi dengan jendela, maka jangan sampai lupa untuk membukanya pada saat Anda berada di apartemen. Wajibkah? Yap, dengan membuka jendela ini bisa membantu melancarkan sirkulasi udara dalam apartemen sekaligus menghambat pertumbuhan jamur. Atau, jika tidak ada jendela, Anda bisa menggunakan exhaust fan. Alat satu ini juga bisa menghindari kelembapan serta memperlancar sirkulasi. Meskipun begitu, pastikan untuk selalu membersihkan alat ini secara berkala karena apabila tidak dibersihkan bisa menimbulkan penyakit.
  2. Gunakan cat tembok anti jamur. Agar dinding apartemen tidak berjamur, lapisi permukaan dinding tersebut dengan cat tembok anti jamur. Seperti diketahui, saat ini memang sudah sangat banyak sekali yang menjual cat tembok yang dilengkapi dengan anti jamur ini sehingga mudah ditemukan di manapun, bahkan pilihan warna dan teksturnya pun beragam dengan demikian Anda bisa bebas memilih sesuai dengan kebutuhan.
  3. Manfaatkan dehumidifier untuk ruangan. Untuk menjaga kelembapan udara di apartemen, Anda bisa memakai dehumidifier. Apakah itu? Dehumidifier merupakan alat yang bisa menyerap kelembapan dalam ruangan dan kemudian diubah menjadi udara sejuk. Biasanya, jika tingkat kelembapan ruangan tinggi, maka akan menghasilkan lebih banyak air bahkan bisa sampai satu galon lebih. Air ini nantinya bisa digunakan untuk menyiram tanaman.
  4. Taruh gel silika dalam apartemen. Jika tidak mau ribet, Anda bisa menaruh gel silika di sudut ruangan apartemen. Gel silika ini mampu menyerap udara kotor yang tersebar di apartemen dan menjaga kelembapan udara. Cara kerja dari gel ini adalah menguap seiring berjalannya waktu karena itu harus rutin dicek agar tetap berfungsi dengan baik. Apabila memang sudah menguap semuanya, maka Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kelembapan udara di apartemen. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *