Ini Perbedaan On-Premise dan Hosted Private Cloud

On premise vs Hosted cloud

Saat ini, hampir semua orang sudah pernah memanfaatkan cloud. Seperti untuk melakukan back up data, file sharing, atau keperluan lainnya. Namun, biasanya yang dimanfaatkan oleh masyarakat umum adalah public cloud, yaitu produk yang paling praktis dan mudah digunakan. Sebab, kita tidak membutuhkan IT Infrastructure apapun untuk mendukung penggunaan cloud.

Akan tetapi, hal tersebut tidak akan berlaku pada beberapa perusahaan. Sebab, ada perusahaan yang benar-benar membutuhkan keamanan untuk penyimpanan datanya sehingga harus memilih layanan cloud dengan fitur keamanan terbaik. Sementara, public cloud adalah layanan cloud yang sangat terbuka. Meskipun Anda bisa memasang password pada setiap file yang di-share, tetap tidak bisa menjamin keamanannya. Itulah sebabnya, perusahaan yang mengutamakan keamanan, akan lebih memilih private cloud dibandingkan dengan public cloud.

Untuk private cloud sendiri, ada 2 jenis layanan yang bisa dipilih oleh perusahaan, yaitu:

  • On-Premise Private Cloud

On-premises private cloud, atau internal cloud dikelola sendiri oleh perusahaan atau organisasi yang menggunakannya. Karena perusahaan Anda sendiri yang mengelola, sehingga Anda memiliki kebebasan untuk mengontrolnya sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Dari mulai software, setting, dan berbagai hal lainnya. Namun, Anda juga harus menyiapkan IT Infrastruktur yang sesuai dengan kebutuhan internal cloud ini. Seperti hardware, software, biaya server dan pendukungnya, serta biaya untuk tenaga ahli yang akan mengelola internal cloud ini. Tenaga ahli inilah yang nantinya akan bertanggung jawab atas pengelolaan, keamanan, serta update untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

  • Hosted Private Cloud

Untuk hosted private cloud, Anda tidak perlu repot menyiapkan hardware, software, atau IT Infrastruktur lainnya di perusahaan Anda. Sebab, pengelolaan akan dilakukan oleh pihak ketiga, atau provider cloud yang Anda gunakan. Hanya saja, layanan yang Anda terima akan berbeda dengan public cloud, karena cloud tetaplah milik Anda sendiri. Hanya pengelolaannya saja yang tidak dilakukan oleh Anda. Keuntungan menggunakan layanan private cloud in, yaitu biaya yang lebih hemat karena Anda tidak menyediakan IT Infrastruktur apapun. Selain itu, provider cloud akan mengelola cloud Anda secara profesional, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Bagi Anda yang memiliki dana serta sumber daya yang mendukung, mungkin on-premise private cloud sesuai untuk perusahaan Anda. Namun, jika Anda ingin yang lebih praktis, hosted private cloud sesuai untuk Anda. (Vita)

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *