Berbedakah M-Banking dan Mobile Banking?

beda mobile banking dan m-banking

Software perbankan adalah salah satu pendukung kesuksesan sebuah bank. Sebab, cukup banyak nasabah yang menjadikan software tersebut sebagai salah satu pertimbangan saat memilih bank tempatnya menabung. Tentunya, software yang dimaksud bukanlah software yang digunakan oleh bank secara internal, melainkan sebuah software atau aplikasi yang digunakan oleh nasabah untuk mempermudahnya melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun. Untuk kamu yang sudah sering menggunakannya, pasti sudah tahu dong apa yang dimaksud? Yap, yang dimaksud adalah M-banking dan juga mobile banking perbankan.

Loh, memang keduanya beda? Bukannya m-banking itu singkatan dari mobile banking? Eits, ternyata tidak begitu loh. Memang, ada beberapa bank yang menyebut mobil bankingnya sebagai m-banking. Namun, ada juga beberapa bank yang memiliki kedua produk perbankan  ini secara terpisah. Nah, supaya kamu tidak bingung, berikut ini adalah perbedaannya:

  • M-Bankingn

Tidak semua bank memiliki fitur ini. M-Banking akan ditanamkan ke dalam sim card pada nomor yang telah didaftarkan terlebih dahulu. Itulah sebabnya kamu harus ke counter resmi provider kamu setelah mendaftarkan nomormu dengan fitur ini. Mintalah pada CS untuk memasukkan aplikasi khusus. Setelah itu, kamu bisa melakukan transaksi apapun sesuai dengan fitur yang tersedia di aplikasi ini. Seperti cek saldo, mutasi, dan transfer. Sistem kerjanya yaitu, kamu memilih transaksi apa yang ingin kamu lakukan, dan kemudian masukkan PIN. Nantinya, bukti transaksi kamu akan dikirimkan melalui sms.

Aplikasi ini cukup praktis dan membantu, sayangnya memiliki beberapa kekurangan, di antaranya:

  1. Repot karena harus mendaftarkan nomor ke CS bank dan juga mengganti simcard ke provider
  2. Tampilan yang kurang menarik
  3. Biaya SMS untuk setiap transaksi cukup mahal
  • Mobile Banking

Bisa dibilang, ini adalah penyempurnaan dari M-Banking. Memiliki fitur yang sama dengan M-Banking, yaitu cek saldo, cek mutasi, dan transfer. Bahkan, beberapa Bank melengkapinya dengan fitur lain yang semakin membuatnya lengkap, seperti fitur pembayaran kartu kredit, dan yang saat ini cukup banyak diminati yaitu fitur tarik tunai.

Jika dibandingkan dengan M-Banking, jelas aplikasi ini memiliki berbagai keunggulan untuk mengatasi berbagai kelemahan yang dimiliki oleh M-Banking, yaitu:

  1. Untuk menginstal aplikasi, cukup dengan mendownloadnya dari store masing-masing smartphone (App Store atau Play Store)
  2. Tampilan atau UI (User Interface) dari mobile banking terus diperbaiki agar menarik dan juga mempermudah kamu dalam menggunakannya.
  3. Bekerja dengan memanfaatkan jaringan internet. Ada beberapa yang tetap memanfaatkan SMS untuk pengiriman OTP (One Time Password), tapi biayanya masih cenderung terjangkau.

Dengan kehadiran mobile banking, beberapa bank pada akhirnya menghapuskan fasilitas m-banking untuk nasabahnya. Namun, masih ada beberapa bank yang tetap mengaktifkan fasilitas ini untuk mempermudah beberapa nasabahnya yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi ini. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *