Beberapa Hal Ini Harus Diperhatikan Saat Berlibur Agar Aman. Perhatikan Nomor Empat!

Sudah menjadi rahasia umum jika Indonesia merupakan daerah rawan bencana. Ke mana pun lokasi liburannya, bahkan ketika menginap di hotel di Malang pun, kamu tak bisa lari dari kemungkinan terkena risiko bencana. Entah itu gempa atau bahkan tanah longsor. Akan tetapi, jangan sampai ketakutan ini membuat kamu enggan untuk mengeksplorasi keindahan Indonesia, terutama Malang, misalnya.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap aman berlibur di daerah rawan bencana:

  1. Cari tahu potensi bencana di daerah yang hendak dituju. Pertama, buat riset kecil mengenai daerah yang akan kamu datangi. Kenali potensi bencana apa yang kemungkinan terjadi dan lihat kondisi geografisnya. Dengan begitu, kamu akan lebih paham tentang apa yang harus kamu lakukan dan apa yang harus dipersiapkan.
  2. Pelajari rute evakuasi. Setiap tempat pasti memiliki rute evakuasi menuju tempat aman untuk berlindung ketika terjadi bencana. Cari tahu di mana tempat itu dan bagaimana rute yang harus kamu tempuh. Jika kamu tak bisa menemukan informasi tersebut, baiknya pelajari sendiri dengan membayangkan skenario ketika bencana terjadi. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk menyelamatkan diri ketika terjadi bencana.
  3. Simpan nomor darurat. Buat speed dial di ponsel kamu untuk nomor-nomor darurat yang bisa dihubungi. Mulai dari nomor ambulans, nomor SAR, nomor kepolisian setempat, atau bahkan nomor keluarga terdekat. Saat panik, kamu akan sulit mengingat nomor yang sudah kamu hapalkan di luar kepala, jadi speed dial ini akan sangat membantu.
  4. Siapkan ransel berisi obat-obatan dan perlengkapan penting lainnya. Sebelum liburan, siapkan satu tas khusus yang berisi obat-obatan, serta perlengkapan penting yang sekiranya bermanfaat dalam keadaan darurat. Mulai dari senter, tali, gunting, dan lain sebagainya.
  5. Berlibur di waktu yang tepat. Terakhir, kamu bisa memilih waktu liburan di saat-saat yang terbaik. Misalnya, menghindari kawasan longsor di musim hujan atau memilih berlibur di musim kemarau ketika cuaca sedang cerah.

Itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan saat hendak berlibur ke daerah rawan bencana. Terlepas dari semua hal yang sudah disebutkan di atas, ada baiknya untuk tetap selalu waspada di mana pun kamu berada, ya. Semoga bermanfaat!

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *