Ban Gundul, Berikut Beberapa Akibatnya

dampak ban mobil gundul

Seiring berjalannya waktu dan seringnya Anda menggunakan kendaraan Anda untuk bepergian entah untuk jarak tempuh yang dekat maupun jauh, pastinya kondisi kendaraan semakin lama akan semakin menurun, tergantung rutinnya perawatan. Walaupun Anda sudah beli asuransi kendaraan, tidak menjamin kendaraan Anda akan selalu dalam kondisi yang baik. Salah satu komponen kendaraan yang sangat amat penting karena keamanan pengendara cukup bergantung pada kesehatan benda ini adalah ban.

Baik itu mobil maupun motor, ban merupakan komponen penting pada kendaraan yang butuh perawatan lebih karena gesekkan yang terjadi antara ban dengan jalanan itu langsung dan tanpa perantara. Tidak heran jika banyak yang mengganti bannya jika kondisi sudah mulai menggundul. Jika Anda masih suka menyepelekan gundulnya ban, simak artikel berikut ini yang akan mengulas tentang hal-hal yang akan terjadi akibat kegundulan ban.

  1. Mudah terpeleset di jalanan yang berpasir

Tidak ada yang pernah akan mengira bentuk jalanan seperti apa yang harus dilewati saat sedang menempuh perjalanan yang cukup jauh. Tidak jarang jalanan yang harus dilalui itu merupakan jalanan pasir yang tanpa disadari merupakan bentuk jalanan yang ukup berbahaya. Jika kondisi ban kendaraan gundul, akan mudah bagi kendaraan untuk terpeleset saat sedang berjalan di atas jalanan berpasir.

  1. Licin pada saat hujan

Pasti sudah Anda ketahui bahwa kondisi jalanan yang basah akibat hujan memang cukup berbahaya untuk dilalui. Kendaraan dengan ban yang tidak gundul saja cukup berbahaya jika harus melewati jalanan yang basah, apalagi dengan yang gundul? Kekuatan ban yang gundul untuk mencengkeram tekstur jalanan sangat amat buruk dibandingkan dengan yang masih utuh.

  1. Ban gundul layaknya ban kempes

Ternyata tidak hanya cuaca hujan saja yang berbahaya untuk dilalui, cuaca panas juga sangat mempengaruhi kenyamanan Anda untuk berkendara karena suhu panas jalanan yang sudah terpapar matahari selama berjam-jam dapat membuat ban kendaraan sangat mengembang yang sama saja rasanya seperti ban kempes.

  1. Mudah mengalami kebocoran ban

Ban yang gundul artinya adalah ban yang sudah sangat tipis sehingga membuatnya menjadi lebih rentan untuk tertusuk benda tajam seperti kerikil yang seharusnya tidak cukup membahayakan untuk ban yang kondisinya normal. Dengan mudahnya ban gundul mengalami kebocoran ban, Anda akan diharuskan untuk sering memperbaikinya ke tambal ban yang justru malah membuat Anda mengeluarkan uang lebih banyak.

Itu dia beberapa hal yang dapat terjadi akibat ban yang kondisinya gundul. Akan disarankan bagi Anda untuk rutin menggantinya dengan yang baru. Semoga bermanfaat!

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *