BBM Meluber di Luar Mobil, Ini Dampaknya!

Bahaya bensin luber

Segera hentikan pengisian bahan bakar minyak di pom bensin jika Anda sudah mendengar bunyi plop dari noozle kendaraan. Mengapa? Sebab pengisian bahan bakar yang terlalu penuh atau meluber ke luar mobil ternyata tidak bagus untuk kendaraan Anda. Di samping itu, pengisian seperti ini mengakibatkan Anda harus membayar bahan bakar lebih akibat adanya bahan bakar yang tumpah. Sekalipun Anda memiliki asuransi mobil yang akan menanggung semua kerugian yang terjadi pada kendaraan, akan tetapi kelalaian yang dilakukan ini tentu nantinya tidak akan mendapatkan tanggungan dari pihak asuransi, kan?

Berikut merupakan beberapa dampak negatif yang ditimbulkan jika Anda mengisi bahan bakar sampai meluber:

  1. Bensin kembali tersedot oleh tangki SPBU. Mengisi bahan bakar sampai terisi penuh dan sampai meluber membuat bahan bakar tersebut kembali terhisap oleh tangki SPBU, loh. Kok, bisa? Ini terjadi akibat mesin pengisian mesin bahan bakar minyak sudah dilengkapi dengan teknologi canggih, sehingga jika bensin sudah terisi penuh secara otomotis akan langsung disedot kembali ke dalam. Rugi banget, kan? Untuk itu, ketika mengisi bahan bakar, pastikan untuk tidak mengisinya sampai penuh.
  2. Memicu kebakaran mobil. Memang, tangki untuk menampung bahan bakar sudah dirancang dengan lubang udara, akan tetapi jika terjadi pengisian yang overload tentu dapat memicu kebakaran mobil. Bisa, kah? Tentu saja bisa, karena bahan bakar tersebut sangat mudah meluap melalui lubang-lubang di bagian bawah mobil. Luapan yang ditimbulkan itu mengakibatkan potensi yang sangat berbahaya, seperti kebakaran.
  3. Merusak tangki bahan bakar. Jangan pernah abaikan larangan mengisi bahan bakar sampai penuh. Mengisi bahan bakar terlalu penuh ternyata dapat merusak tangki. Jika tangki tersebut rusak, Anda butuh biaya tambahan untuk memperbaikinya dan kerusakan ini juga mengganggu kinerja dari mesin kendaraan.
  4. Berdampak buruk untuk kesehatan. Dampak buruk yang ditimbulkan jika Anda mengisi bahan bakar sampai meluber adalah memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Hal ini terjadi karena bensin yang meluber akan langsung menguap dan memberikan sumbangan untuk polusi udara. Jika udara semakin berpolusi, tentu kesehatan pun akan terganggu, kan? Karena itu, pastikan untuk mengisi bahan bakar sesuai dengan ketentuan.

Selain bensin luber karena pengisian yang terlalu penuh, adanya kebocoran yang menyebabkan bensin meluber keluar juga memberikan bahaya yang serupa. Bahkan, kondisi tersebut bisa menyebabkan terjadinya understeer saat berkendara karena mobil kehilangan traksi akibat jalanan yang licin terkena cairan bensin. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *