Anak Umur 3 Bulan, Apa Benar Sudah Bisa Diajak Traveling?

Jika anak sudah berumur 2 atau 3 tahun, mungkin Anda sudah tidak begitu bingung jika ingin mengajaknya berlibur atau pergi ke arena hiburan keluarga. Akan tetapi, jika anak Anda belum berusia satu tahun, Anda belum bisa leluasa untuk liburan, apalagi jika ingin bepergian ke luar kota atau luar negeri yang mengharuskan untuk naik pesawat. Kalau ditanya kapan anak bisa diajak naik pesawat, biasanya dokter akan menjawab anak yang berusia di atas 3 bulan sudah diperbolehkan. Jadi, Anda bisa menganggap jika anak berusia 3 bulan, maka Anda bisa mengajaknya traveling.

bepergian dengan bayi 3 bulan
bepergian dengan bayi 3 bulan

Namun, bukan hanya perkara anak sudah bisa naik pesawat atau belum saja yang perlu Anda pertimbangkan. Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan saat mengajak anak berusia 3 bulan bepergian. Berikut beberapa hal yang harus Anda sadari saat mengajak bayi traveling:

  • Anak rewel di waktu tak terduga

Terkadang bayi bisa menangis di waktu-waktu tak terduga, bahkan meskipun Anda sudah menyusui, mengganti popok, dan memakaikan pakaian yang nyaman. Hal yang merepotkan adalah ketika Anda tidak bisa meredakan tangisnya di tempat umum, seperti pesawat, halte, atau bandara. Jadi saat mengajak Si Kecil berlibur, Anda harus siap untuk menenangkan dan meredakan tangisnya kapan pun juga.

  • Bawa banyak bawaan

Traveling berasama bayi berarti Anda harus membawa semua perlengkapannya. Mulai dari pakaian, perabotan makan dan minum, obat-obatan, bahkan baby stroller. Pastikan Anda sanggup untuk membawa semua bawaan tersebut. Jika kira-kira Anda dan pasangan akan kewalahan, maka ajak baby sitter atau kerabat dekat yang bisa membantu Anda membawa barang saat berlibur.

  • Kesehatan Si Kecil

Yang tak kalah penting adalah mempertimbangkan kesehatan Si Kecil. Jika Anda pergi ke destinasi yang cukup jauh dan berbeda iklim, maka Anda harus benar-benar menjaga kesehatan Si Kecil. Seperti memakaikan pakaian yang sesuai, menjaga makanan yang dikonsumsi, memastikan ia mendapat tidur cukup, dan lain-lain.

Wah, ternyata banyak yang harus dipertimbangkan ketika mengajak Si Kecil bepergian ya? Jadi, sebenarnya anak berusia tiga bulan sudah bisa diajak traveling atau belum?

Sebenarnya tidak masalah mengajak Si Kecil pergi berlibur asalkan Anda memerhatikan kebutuhan dan kondisi Si Kecil. Lagipula, mengajak anak yang masih berusia 3 bulan itu sebenarnya cenderung lebih mudah karena anak belum masih bisa berjalan ke sana ke mari dan masih lebih sering tidur.

Jadi, adakah rencana untuk mengajak Si Kecil berlibur?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *