Alternatif Cara Membersihkan Kaca yang Efektif

Cara membersihkan jendela

Bahan kaca selain digunakan untuk jendela juga sering digunakan sebagai bahan pintu yang di bingkai dengan bahan kayu. Untuk beberapa tipe Pintu Folding, maupun sliding door yang dipilih untuk hunian, kaca umum digunakan sebagai penambah daya visual dan pencahayaan yang baik. Namun kaca seringkali berdebu dan terlihat kusam. Berikut adalah beberapa cara yang efektif agar kaca anda tetap terlihat bening dan bersih dari debu.

Cara membersihkan jendela
Cara membersihkan jendela
  • Pasta gigi

Cara membersihkan kaca menggunakan pasta gigi ini memiliki dua langkah. Yang pertama, gunakan pasta gigi secukupnya dan gunakan kain lap yang lembut untuk diseka pada kaca. Tunggu sekitar 30 sampai 60 detik kemudian lap kembali permukaan kaca dengan lap baru hingga bersih.

  • Cuka

Campurlah cairan cuka dengan air hangat dengan perbandingan 1:1 atau sama rata. Gunakan kain lembut untuk menyeka kaca dengan cairan cuka dan biasakan mengelap kaca dengan 1 arah gerakan saja agar debu tidak kembali ke permukaan kaca.

  • Kertas filter (penyaring) kopi

Sama seperti kain lap, kertas filter kopi atau penyaring kopi ini juga ternyata bisa digunakan untuk mengelap kaca tanpa meninggalkan bekas atau sisa telapak tangan. Kertas filter ini memiliki daya serap yang tinggi dan tidak meninggalkan sisa apapun seperti kertas tisu maupun kapas. Semprotkan bahan pembersih kaca favorit anda untuk kemudian diseka menggunakan kertas filter ini agar kaca tetap bersih dan terbebas dari debu atau sisaan kertas.

  • Kertas koran

Kertas koran juga memiliki kegunaan untuk dijadikan lap pembersih kaca. Walaupun tidak sebagus kertas filter, kertas koran terbukti dapat membersihkan kaca dan tidak meninggalkan bekas seperti kertas tisu. Membersihkan kaca menggunakan kertas koran cukup dengan menggunakan air biasa saja.

  • Perasan lemon

Anda juga bisa menggunakan perasan buah lemon yang dicampur dengan air hangat dengan perbandingan 1:1. Untuk mempermudah penggunaan, anda dapat memasukkan campuran air hangat dan perasan lemon ini ke dalam botol spray sebelum digunakan untuk menyemprot kaca. Penggunaan cairan ini cukup diseka menggunakan kain lap yang lembut agar tidak meninggalkan bekas goresan mikro di kaca.

  • Baking Soda

Mungkin terdengar sedikit asing untuk membersihkan kaca menggunakan baking soda, namun ternyata baking soda dapat membuat kaca rumah anda terlihat bersih dan mengkilap. Anda hanya perlu mencapurkan sekitar 2 sendok teh baking soda dengan 200ml air hangat sebelum disemprotkan ke kaca. Seka lah campuran tadi menggunakan kain lap yang lembut dan anda akan mendapatkan kaca yang bersih dan mengkilap.

Selain beberapa tips di atas ada satu hal lagi yang bisa anda lakukan untuk tetap menjaga kebersihan kaca di rumah anda. Gunakan lah cairan gliserin. Teteskan cairan gliserin ke atas kain lap yang lembut dan seka lah kaca anda menggunakan cairan tersebut, maka kaca di rumah anda akan terjaga kebersihannya lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *