Hati-hati, Aksesoris Mobil Ini Bisa Membahayakan saat Mengemudi!

Ada orang yang lebih suka membiarkan mobilnya bersih dari beragam aksesoris. Namun, banyak juga yang menganggap bahwa aksesoris mobil merupakan hal yang wajib ada. Misalnya saja ketika baru membeli mobil dari situs jual beli mobil bekas Jakarta. Begitu transaksi jual beli mobil selesai, maka kendaraan tersebut pasti akan dibawa ke bengkel modifikasi untuk ditambah berbagai aksesoris pendukung.

Sebenarnya, memasang aksesoris tambahan untuk mempercantik tampilan mobil tidak masalah. Namun waspadalah, karena ada beberapa jenis aksesoris yang ternyata bisa membahayakan Anda saat mengemudi, di antaranya:

  1. Pembungkus pedal

Pembungkus pedal atau cover pedal seringkali ditambahkan sebagai aksesoris untuk mempercantik interior mobil. Namun, sayang, menggunakan pembungkus pedal, terutama yang terbuat dari bahan logam sangat berisiko membahayakan keselamatan Anda. Alasannya karena pembungkus pedal tersebut membuat pijakan kaki ke pedal menjadi licin sehingga ketika digunakan tidak menutup kemungkinan kaki Anda malah bisa terpeleset dan membuat mobil menjadi tidak terkendali.

Untuk itu, jika Anda tetap ingin menambahkan pembungkus pedal ini pada mobil, sebaiknya Anda memilih pedal yang terbuat dari bahan karet karena dilengkapi dengan grip sehingga tidak akan licin ketika diinjak.

  1. Sarung setir salah ukuran

Menambahkan sarung setir pada bagian kemudi mobil memang berguna untuk menjaga kebersihan setir serta memberikan daya cengkram yang lebih baik. Namun, untuk menghindari bahaya ketika berkendara, sebaiknya Anda memilih sarung setir yang ukurannya sesuai dengan lingkar kemudi mobil Anda. Jangan sampai salah ukuran, misal memilih ukuran yang terlalu besar karena sarung setir tersebut bisa longgar dan berisiko menyebabkan terjadinya selip. Artinya, hanya sarungnya saja yang bergerak saat Anda memutar setir sementara setirnya sendiri tidak.

Jadi, untuk Anda yang berencana memasang sarung setir pada mobil, ada baiknya memilih ukuran yang pas dan memiliki pegangan yang kuat agar tidak menimbulkan masalah apapun.

  1. Gantungan di kaca spion tengah

Banyak pengendara yang menggantungkan aksesoris di kaca spion tengah mobil mereka. Padahal, menggantungkan aksesoris,  apapun itu ukurannya, malah dapat memengaruhi pandangan pada saat berkendara. Tak hanya ketika melirik kaca spion tengah, tapi juga mengganggu pandangan ketika melihat ke depan.

Selain mengganggu pandangan, menggantung aksesoris juga dapat menggores kaca depan jika aksesoris yang digunakan bersifat keras. Untuk itu, sebaiknya sebagai pengendara, Anda tidak menggantung aksesoris di kaca spion tengah demi kenyamanan serta keamanan ketika berkendara.

Itu dia beberapa aksesoris mobil yang dapat membahayakan keselamatan Anda ketika berkendara. Demi menjaga keamanan, sebaiknya Anda memilih aksesoris yang memang aman untuk digunakan dan tidak akan mengganggu saat berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *