Agar Kitchen Set di Dapur Apartemen Anda Tetap Awet

merawat kitchen set

Ketika membeli unit apartemen murah di Jakarta Selatan, area dapurnya pasti sudah dilengkapi dengan kitchen set. Ya, biasanya untuk menghemat lahan dan menimbulkan kesan minimalis, developer apartemen menyediakan kitchen set untuk bagian dapur. Fungsinya sendiri adalah untuk menjadi tempat penyimpanan bahan makanan dan juga peralatan masak. Biasanya, kitchen set ini terdiri atas laci penyimpanan yang menempel di dinding, permukaan datar untuk tempat kompor dan semacamnya, serta laci bagian bawah untuk tempat gas dapur dan alat masak.

Mengingat kitchen set ini fungsinya cukup banyak, coba tiru beberapa tips di bawah ini untuk merawatnya, yuk!

  1. Segera keringkan bekas tetesan air. Jika bagian kitchen set terkena cipratan air atau Anda tanpa sengaja menumpahkan air di permukaannya, langsung segera bersihkan dengan lap kering, ya. Membiarkan bekas tumpahan air mengering dengan sendirinya akan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.
  2. Jangan menyimpan terlalu banyak barang. Usahakan untuk tidak memasukkan banyak barang ke dalam kitchen set, terutama untuk bagian kabinet atas yang menempel ke dinding. Kabinet kitchen set memiliki bobot maksimal yang bisa ditampung. Jika Anda memasukkan banyak barang, dikhawatirkan laci akan kelebihan beban sehingga bisa roboh.
  3. Proses pembersihan kitchen set. Jika Anda ingin membersihkan kitchen set, pertama-tama cek dulu material pembuatnya. Kitchen set yang terbuat dari granit tentu berbeda cara membersihkannya dengan yang terbuat dari kayu HPL. Untuk yang terbuat dari granit, Anda bisa mengelapnya langsung dengan kain. Sementara untuk kayu HPL, Anda bisa mengangkat noda yang tertinggal dengan larutan cuka dan air.
  4. Buka pintu kabinet dengan perlahan. Bagian yang paling cepat rusak dari kitchen set adalah pintu kabinet. Pasalnya, bagian ini sangat sering dibuka-tutup sehingga engselnya pun melonggar dan pada akhirnya rusak. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah untuk selalu membuka pintu kabinet dengan perlahan dan cek kondisi engsel atau baut pengaitnya. Kencangkan jika sudah mulai longgar.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan agar kitchen set Anda tetap awet. Semoga membantu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *