5 Rahasia Seputar Dunia Penerbangan

fakta penerbangan

Sudah banyak pihak menyatakan jika pesawat terbang merupakan mode transportasi paling aman di dunia. Dilansir dari laman Citya.M, Ian Savage, seorang profesor departemen ekonomi di Northwestern University, juga menyatakan hal yang sama. Ia mengulik data penerbangan dari tahun 2000 hingga 2009 dan menemukan jika dari satu miliar mil penumpang, hanya ada 0,07 kematian.

Itu dia satu fakta tentang dunia penerbangan. Jika ingin mengetahui beberapa beberapa fakta dan/atau rahasia lain tentang industri ini, simak lebih lanjut, ya.

  1. Kursi ekonomi lebih aman.

Mengutip The Telegraph, beragam penelitian sudah membuktikan jika posisi paling fatal ketika sebuah kecelakaan penerbangan terjadi adalah baris-baris paling depan. Di sinilah tempat kelas pertama dan bisnis berada. Oleh karena itu, tempat paling aman di dalam pesawat adalah pada section kelas ekonomi, terutama di baris dekat pintu darurat.

  1. Masker oksigen bisa menolongmu selama 12 menit.

Masker oksigen yang berada di atas kepala setiap penumpang akan otomatis terjatuh ketika tekanan udara dalam kabin menurun. Anda perlu tetap tenang lalu mengenakan masker oksigen yang menggantung tersebut untuk membantu Anda bernapas selama proses pengembalian (tekanan udara) dilakukan oleh awak kabin. Itulah kira-kira kalimat yang diucapkan pramugari sebelum pesawat lepas landas. Menurut Kapten Patrick Smith, seorang pilot dan penulis buku, diperkirakan setiap masker oksigan bisa membantu setiap penumpang untuk bernapas selama 12 hingga 15 menit.

  1. Pesawat tersambar petir adalah hal biasa.

Kapten Patrick Smith dalam The Telegraph mengungkapkan jika pesawat jet normalnya tersambar petir satu kali setiap dua atau tiga tahun. Namun, Anda tidak perlu khawatir—jika pun kejadian ini terjadi ketika pesawat Anda mengudara. Pasalnya, desain dan bahan baku bodi pesawat sudah dirancang untuk antisambaran petir. Sehingga, gelombang elektromagnetik dari petir tidak akan mungkin masuk hingga ke dalam kabin. Kerusakan paling parah yang mungkin terjadi hanyalah pada eksterior pesawat.

  1. Jika semua mesin pesawat mati, Anda masih memiliki kesempatan untuk selamat.

Salah satu contoh nyata kasus ini adalah pesawat Garuda Indonesia yang berhasil mendarat darurat di Sungai Bengawan Solo pada 2002 silam. Dalam perjalanan dari Mataram menuju Jogja, pesawat dengan nomor GA421 itu disambar petir beberapa kali hingga menyebabkan kedua mesin mati total. Namun, kemungkinan musibah ini kembali terjadi sudah sangat kecil. Sebab, pesawat-pesawat yang mengudara kini sudah dibekali dengan teknologi supercanggih yang lebih baik.

  1. Dalam satu waktu, ada belasan ribu pesawat mengudara.

Ian Petchenik dari FlightRadar24, aplikasi pelacak pesawat terbang di seluruh dunia, mengungkapkan pada musim puncak (Jumat siang di bulan Juli atau Agustus) jumlah armada pesawat yang mengudara di langit bisa mencapai 16.000. Mengejutkan sekali, bukan?

Itulah dia lima rahasia seputar dunia penerbangan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya. (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *