5 Hal Tentang Skoliosis yang Sering Salah Dipahami

Skoliosis, sudah banyak orang yang tahu tentang penyakit ini secara general. Bahkan mungkin Anda juga mengetahui klinik tulang belakang profesional yang mampu merawat masalah kesehatan ini dengan baik agar kondisinya tidak semakin parah.

Ya, skoliosis memang kondisi yang tidak boleh dibiarkan begitu saja. Seseorang yang terdeteksi mengalami masalah ini harus segera mendapat perawatan dan pengobatan skoliosis yang biasa dilakukan dari profesional meskipun sudut kurva tulang belakang masih rendah. Dengan begitu pertambahan lengkungan sudut ini dapat terkontrol sehingga tidak menimbulkan masalah lainnya.

fakta skoliosis
fakta skoliosis

Namun, selain mengetahui hal umum tentang skoliosis dan perawatannya, ada baiknya Anda lebih waspada terhadap beberapa hal yang diyakini mengenai skoliosis ini. Sebab ternyata, ada banyak informasi mengenai kondisi kesehatan ini yang hanya berupa mitos menurut scoliosisreductioncenter, di antaranya:

  • Skoliosis dapat dicegah

Skoliosis bukan kondisi yang dapat dicegah, karena bahkan dokter saja tidak bisa memastikan apa penyebab seseorang mengalaminya. Termasuk juga ketika ada yang bilang bahwa membawa tas berat atau jarang melakukan aktivitas fisik adalah penyebabnya. Kenyataannya, belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut. Meskipun begitu, bukan berarti Anda jadi tidak menjaga kesehatan tulang karena merasa percuma, karena masalah kesehatan tulang bukan hanya skoliosis saja sehingga Anda tetap harus memerhatikannya.

  • Wanita dengan skoliosis tidak bisa punya anak

Cukup banyak orang yang percaya bahwa wanita dengan skoliosis akan sulit memiliki anak. Baik karena mengalami masalah kesuburan maupun keguguran saat hamil akibat masalah tulang ini. Kenyataannya, keduanya adalah hal yang berbeda. Anda tetap bisa berkesempatan memiliki anak meskipun didiagnosa skoliosis.

  • Skoliosis menyebabkan rasa sakit

Memang ada beberapa penderita skoliosis yang mengeluhkan rasa sakit pada area tulang belakang. Umumnya ketika lengkungan kurva memiliki sudut yang besar. Namun ternyata, tidak semua penderita skoliosis mengalaminya. Itulah sebabnya, jangan jadikan hal ini sebagai gejala awal untuk mendiagnosa masalah ini.

  • Bracing dapat menyembuhkan skoliosis

Banyak orang mengira bahwa dengan menggunakan brace scoliosis maka sudut kurva tulang belakang dapat kembali normal. Kenyataannya alat ini hanya digunakan dalam perawatan skoliosis untuk memperlambat pertambahan sudut kurva. Dengan begitu sudut kurva akan lebih terkontrol.

  • Scoliosis membuat Anda lemah

Banyak orang yang mengira bahwa skoliosis akan membuat Anda merasa lemah dan tidak bisa melakukan aktivitas secara normal. Kenyataannya, banyak kok seseorang dengan skoliosis yang bisa melakukan berbagai aktivitas seperti biasa tanpa kesulitan.

Semoga dengan mengetahui beberapa fakta tentang skoliosis di atas, Anda tidak lagi mempercayai berbagai informasi tidak benar seputar masalah kesehatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *