5 Cara Menata Toko Kelontong untuk Meningkatkan Minat Pembeli

tips menata toko kelontong

Apakah Anda merasa semakin sedikit orang yang minat belanja toko kelontong? Mungkin ada perubahan yang perlu Anda lakukan pada toko kelontong yang Anda miliki. Pasalnya, meski sudah banyak supermarket yang berdiri, tak sedikit orang yang masih berminat berbelanja di toko kelontong. Mungkin, Anda hanya perlu menata toko kelontong agar terlihat lebih menarik dan meningkatkan minat pembeli. Nah, bagaimana cara paling tepat untuk menata toko kelontong? Berikut ini tips-nya!

  • Buat papan nama yang menarik

Hal pertama yang ditengok orang-orang mungkin adalah papan nama toko. Untuk itu, buatlah papan nama toko semenarik mungkin. Menarik di sini bukan berarti Anda harus memberi dekorasi berlebihan, tetapi buatlah papan nama dengan desain sederhana tapi eye catching. Sehingga, menarik perhatian pembeli dan tetap jelas dibaca.

  • Jaga kerapian dan kebersihan toko

Kerapian dan kebersihan menjadi faktor penting yang memengaruhi kenyamanan dan minat konsumen. Untuk itu, susun barang dengan rapi dan jaga selalu kebersihan toko Anda. Jangan lupa bersihkan sudut-sudut yang sulit dijangkau secara rutin karena area tersebut rentan berdebu.

  • Gunakan pencahayaan yang tepat

Selain menjaga kerapian dan kebersihan, pencahayaan juga harus diperhatikan agar barang-barang terlihat jelas oleh konsumen. Gunakan warna natural dan lampu jenis hologen agar warna produk yang di-display tidak menyebar.

  • Susun barang dengan strategi

Menata barang bukan hanya perlu rapi, tapi juga menarik perhatian konsumen. Bagaimana caranya? Anda bisa menyusun warna produk dari tua ke muda dan menggunakan latar belakang yang netral, sehingga pandangan konsumen tetap tertuju pada barang dagangan. Kemudian susun produk dengan ukuran sama secara vertikal atau secara horizontal (dengan ukuran paling besar di kanan).

  • Maksimalkan interior toko

Sebaiknya Anda tidak hanya fokus pada penataan barang tetapi juga pada pengalaman pembeli. Semakin baik interior toko, tentunya konsumen akan semakin nyaman berbelanja. Tak peduli jika toko yang Anda miliki tidak terlalu luas, Anda tetap bisa memaksimalkan interiornya. Caranya adalah dengan mewarnai dinding dengan warna netral dan cerah. Misalnya seperti putih, kuning muda, biru muda atau kombinasi.

Itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan tampilan toko kelontong. Bila interior outlet Anda sudah baik dan jumlah pembeli meningkat, Anda bisa mulai mencari-cari tips menaikkan omzet toko kelontong. Ingat, toko kelontong Anda adalah sumber penghasilan Anda. Jangan sampai toko kelontong sekadar menjadi tempat berkumpul, ya.  Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *