4 Makanan yang Bagus untuk Kesehatan Mata

makanan baik untuk mata

Menurut Departement of Genetics, Stanford School of Medicine, penglihatan yang buruk sudah pasti menurun dalam silsilah keluarga. Pasalnya, sejumlah penelitian menunjukkan jika Anda dan pasangan Anda rabun jauh, maka anak Anda memiliki 33% kemungkinan untuk rabun jauh juga. Sedangkan bila hanya Anda atau pasangan Anda yang rabun jauh, anak Anda mempunyai 20% kemungkinan untuk rabun jauh. Memang, asuransi keluarga terbaik yang Anda miliki bisa membantu Anda atau keluarga ketika akan berobat ke dokter mata. Akan tetapi, mengupayakan untuk mengurangi kemungkinan di atas tak ada salahnya, kan?

Nah, berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Simak ulasannya, yuk!

  • Ikan

Dikutip dari laman WebMD, retina mata membutuhkan dua macam asam lemak omega-3 untuk dapat bekerja dengan normal. Keduanya adalah DHA dan EPA, yang mana bisa ditemukan pada ikan dengan kandungan lemak tinggi. Adapun contoh ikan dengan lemak tinggi adalah salmon, tuna, juga makanan laut lainnya.

  • Ubi jalar

Ubi jalar atau sweet potato yang berwarna jingga memiliki kandungan betakaroten yang tinggi. Zat ini merupakan salah satu bentuk vitamin A yang berfungsi untuk membantu mata mampu menyesuaikan diri dengan kegelapan malam. Selain itu, satu buah ubi jalar juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup untuk setengah kebutuhan harian Anda, juga sedikit vitamin E.

  • Telur

Siapa sangka jika makanan yang cukup banyak digemari anak-anak ini baik untuk kesehatan mata? Ya, mengutip situs WebMD, sebutir telur memiliki kandungan seng, lutein, dan zeaksantin yang baik untuk retina mata. Pasalnya, seng dalam telur akan membantu tubuh menggunakan lutein dan zeaksantin yang terdapat dalam kuning telur. Warna kuning-oranye dari senyawa inilah yang nantinya akan membantu mata untuk menghalangi cahaya biru (blue light) dari layar ponsel atau komputer yang berbahaya bagi retina. Kedua zat ini juga membantu mata meningkatkan jumlah pigmen pelindung di makula, bagian mata yang mengontrol penglihatan pusat.

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau yang gelap seperti kale atau bayam juga baik untuk kesehatan mata. Sebab, kedua sayuran ini kaya akan vitamin C dan E, juga karotenoid lutein dan zeaksantin—seperti telur. Bentuk-bentuk vitamin A nabati ini bisa menurunkan risiko penyakit mata jangka panjang, seperti rabun jauh, termasuk AMD (age-related macular degenaration) atau degenerasi makula dan katarak.

Demikianlah ulasan tentang empat makanan yang baik untuk kesehatan mata. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *