4 Cara Membuat Rumah Tampak Terang

tips rumah terang

Selain memikirkan apakah akan menggunakan kusen UPVC setelah mengetahui Harga Kusen UPVC yang ternyata masih cukup terjangkau, ada banyak hal yang harus diperhatikan saat membangun atau merenovasi sebuah rumah. Memang, jika Anda menggunakan jasa arsitek profesioonal, berbagai hal penting mengenai rumah yang dibangun pasti tidak akan terlewatkan. Sayangnya, saat ini banyak pemilik rumah yang memilih untuk mendesain sendiri rumahnya tanpa meminta bantuan jasa ahli, hanya berdasarkan pada seleranya. Akibatnya, banyak hal yang seringkali terlewat, salah satunya yaitu mengenai pencahayaan.

Mungkin Anda berpikir itu bukanlah hal yang penting. Lagipula, jika rumah gelap tinggal menggunakan lampu. Jadi kenapa harus dibuat pusing?

tips rumah terang
tips rumah terang

Memang, lampu bisa membuat rumah tampak terang. Namun itu artinya, Anda tidak mendukung gerakan hemat energi. Selain itu, rumah yang terlalu banyak menggunakan lampu akan membuat hawanya terasa panas dan tentunya akan membuat tagihan listrikmu membengkak. Nah, jika rumah Anda sudah terlanjur jadi dan terasa gelap karena pencahayaan yang kurang, Anda  bisa mengakalinya dengan beberapa cara berikut ini:

  • Gunakan warna putih

Warna ruangan akan sangat memengaruhi terang gelapnya ruangan. Jika Anda ingin membuat ruangan tampak terang, warna yang paling efektif adalah warna putih. Namun, jika Anda tidak menyukainya karena merasa warna itu terlalu plain, maka Anda bisa memilih warna terang lainnya. Misalnya warna biru, abu-abu, atau warna lainnya. Tetapi ingat ya, hindari menggunakan warna gelap seperti abu-abu tua, biru tua, atau sejenissnya, karena akan membuat ruangan terkesan gelap.

  • Hindari furniture berukuran besar

Furniture berukuran besar dapat berisiko menghalangi masuknya cahaya ke dalam rumah. Apalagi jika Anda meletakkannya pada posisi yang salah. Tidak hanya itu saja, furniture yang berukuran besar juga akan membuat ruangan terkesan sempit. Kecuali, jika Anda memang memiliki ruangan yang berukuran cukup luas.

  • Buka gorden

Banyak orang yang tidak mau membuka gorden rumahnya meskipun saat siang hari karena alasan privasi. Padahal, hal ini akan membuat cahaya dari luar tidak dapat masuk ke dalam rumah. Jika Anda tidak mau area dalam rumah terlihat terlalu jelas dari luar, Anda bisa menggunakan kaca film untuk melapisi kaca. Namun, pilihlah tingkat kegelapan yang sedang sehingga tidak terlalu menghalangi masuknya cahaya ke dalam ruangan.

  • Manfaatkan cermin

Cermin yang dipasang dalam ruangan dapat memberikan kesan luas dan terang. Sebab, cermin dapat memantulkan cahaya ke berbagai area ruangan. Namun, agar manfaat tersebut dapat maksimal, ada baiknya jika Anda memerhatikan posisi peletakkan cermin yang paling tepat.

Nah, semoga setelah menerapkan beberapa cara di atas, dapat membantu membuat ruangan semakin terang ya! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *