3 Tips Wisata Hemat dan Cepat di Akhir Pekan

wisata hemat akhir pekan

Bagi Anda yang tinggal dan beraktivitas keseharian di daerah perkotaan, berwisata merupakan hal yang sangat menyenangkan. Sayangnya, mengambil cuti untuk berwisata terkadang bukanlah hal yang mudah karena banyaknya tuntutan pekerjaan. Bahkan mungkin, terkadang Anda masih harus menginap di hotel di Tebet Jakarta karena ada meeting atau kegiatan kantor di area sekitar sana. Ketika waktu sudah tersedia, gantian dana yang menjadi masalah hingga Anda tidak bisa memanfaatkan waktu kosong tersebut untuk berwisata.

Pernahkah Anda mengalami hal tersebut? Kenyataannya, banyak loh masyarakat perkotaan yang mengalaminya. Padahal sebenarnya, wisata juga bisa tetap dilakukan meskipun dengan dana dan waktu yang terbatas. Ingin tahu caranya? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Staycation

Staycation merupakan berwisata di kota tempat tinggal Anda. Ada yang melakukan staycation dengan mengunjungi tempat wisata di kota sendiri atau hanya sekadar bersantai dengan menginap di salah satu hotel yang berada di kota tempat tinggalnya. Menginap di hotel meskipun memiliki tempat tinggal di kota tersebut bertujuan untuk mendapatkan suasana baru sehingga dapat menyegarkan pikiran. Sementara itu, staycation dengan mengunjungi tempat wisata bisa memberi manfaat pada Anda agar bisa lebih mengenal kota yang menjadi tempat tinggal Anda.

  • Kota terdekat

Jika Anda sudah sering mengunjungi tempat wisata yang ada di kota tempat tinggal Anda, maka Anda bisa pergi ke kota yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Anda. Misalnya Anda tinggal di Jakarta, maka Anda bisa mengunjungi kota Bandung, Cirebon, atau Bogor. Lokasinya yang tidak terlalu jauh akan bisa Anda tempuh dengan waktu yang tidak terlalu lama sehingga Anda tidak perlu mengajukan cuti.

  • Persiapan wisata

Carilah tempat informasi sebaik-baiknya mengenai tempat wisata yang ingin dituju. Dari mulai kondisi jalan, harga tiket, dan situasi saat berada di sana. Ada baiknya jika Anda menghindari tempat wisata yang sedang benar-benar hits atau bisa dikatakan tempat wisata kekinian. Sebab, tempat wisata ini pasti penuh oleh wisatawan lain sehingga akses jalan menuju kesana kemungkinan akan padat dan Anda tidak benar-benar bisa menikmati wisata. Selain itu, jika dana Anda sedang terbatas tetapi benar-benar ingin berwisata maka ada baiknya jika mempersiapkan bekal juga dari rumah. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli makanan di tempat wisata yang biasanya harganya lebih tinggi dari harga normal.

Setelah mengetahui 3 tips di atas, siap untuk berwisata di akhir pekan ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *