Ini Dia 3 Tips Perawatan Kamera Pengawas Tanpa Kabel

Inovasi dalam bidang teknologi membuat barang-barang penopang hidup manusia semakin bervariasi. Dari dunia elektronik, khususnya alat perekam gambar ada beberapa jenis kamera pengawas yang bisa dipilih, salah satunya yaitu CCTV tanpa kabel murah. Kamera pengawas ini memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan pendahulunya. Selain memiliki fitur wireless, alat ini pun hemat biaya. Kealpaan jaringan kabel membuat pemasangannya lebih mudah dan rapi karena tidak banyak kabel yang akan berada di sekitar kamera pengawas.

Nah, untuk kamu yang sudah—atau akan—membeli kamera pengawas jenis ini, tahukah kamu hal-hal apa saja yang harus kamu lakukan untuk menjaganya agar berusia panjang? Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahuinya.

  • Jaga kebersihan kamera

Seperti kamera pada umumnya, kamera pengawas tanpa kabel harus dibersihkan secara berkala. Tujuannya adalah untuk menjaga kamera dari debu. Kamera yang diselimuti debu dapat membuat kualitas gambar yang ditangkap turun. Dalam jangka panjangnya, bahkan, kamera bisa rusak bila dibiarkan terus berdebu.

  • Perhatikan seluruh komponen kamera

Komponen-komponen eksternal seperti penutup dan dudukan kamera perlu dicek secara periodik. Hal ini penting untuk menjaga keselamatan kamera itu sendiri. Kedua hal ini memang sudah didesain tahan untuk berbagai macam cuaca, namun tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan, kan? Komponen-komponen internal seperti pengaturan jam dan tanggal pun harus diperiksa dalam beberapa waktu sekali. Tujuannya adalah agar video yang tersimpan dalam memori tetap terus relevan dengan realitanya.

  • Back up hasil perekaman

Kamera pengawas tanpa kabel kebanyakan sudah dilengkapi dengan fasilitas memori hard disk dan hasil rekaman berkualitas high definition. Kualitas gambar yang baik akan diikuti dengan kualitas ukuran video yang juga meningkat. Maka, sebaiknya kamu membuat jadwal tetap untuk melakukan back up data rekaman video yang sudah lama dalam kamera pengawas tanpa kabel. Hal ini untuk menghidari hilangnya rekaman video lama tertindih oleh rekaman video baru.

Nah, itu dia 3 tips merawat kamera pengawas tanpa kabel agar usianya panjang. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *