3 Oleh-oleh Khas Jogja yang Wajib Dibeli

oleh-oleh Yogyakarta

Selain Bali, Yogyakarta juga merupakan kota yang banyak diminati para wisatawan untuk dikunjungi. Banyaknya tempat wisata dan kentalnya budaya Jawa yang terdapat di dalamnya pastinya membuat para turis dan wisatawan domestik dengan asuransi murah untuk liburan tertarik untuk mendatanginya langsung. Tidak hanya tempat wisata, kota yang biasanya dipanggil Yogja ini juga menyajikan berbagai macam makanan yang pastinya wajib untuk Anda cicipi pada saat berkunjung ke kota ini. Kenikmatan berbagai makanan unik yang ada di Yogja pastinya ingin Anda bagikan kepada kawan dan saudara yang ada di rumah.

Nah, simak artikel ini untuk mengetahui oleh-oleh apa saja yang wajib Anda bawakan untuk keluarga dan teman-teman yang Anda kasihi di rumah.

  1. Bakpia

Makanan yang satu ini pastinya tidak boleh Anda lewatkan. Tidak lengkap rasanya jika pulang dari Jogja tidak membawa oleh-oleh yang satu ini. Bakpia adalah makanan khas Yogja yang bentuknya bulat kecil dan berisikan kacang hijau dan dibungkus dengan tepung. Tidak hanya rasa kacang hijau saja, seiring berjalannya waktu, banyak inovasi-inovasi baru yang menciptakan bakpia dengan berbagai rasa seperti coklat, keju dan yang lainnya.

  1. Gudeg

Siapa sih yang tidak mengetahui gudeg? Ya, makanan yang stau ini adalah makanan asli asal Yogja yang sangat terkenal. Ingin membawa pulang gudeg namun takut basi? Jangan khawatir karena gudeg yang ditawarkan ada dua jenis yaitu gudeg kering dan gudeg basah. Biasanya gudeg kering lebih cocok untuk dibawa pulang karena memang lebih tahan lama, sekitar 3 hari. Yang membedakannya dengan gudeg basah adalah waktu yang lebih lama pada saat proses memasaknya dan rasanya yang juga lebih manis.

  1. Geplak

Oleh-oleh khas Yogja yang satu ini merupakan makanan yang berbahan dasar kelapa, gula dan pewarna makanan. Geplak biasanya disajikan dengan warna yang menyolok seperti pink, kuning, hijau ataupun coklat dan sesuai dengan rasanya. Makanan ini memiliki berbagai varian rasa seperti nangka, coklat, durian, vanila dan masih banyak lagi.

Itu dia 3 oleh-oleh khas kota Yogyakarta yang sangat wajib dibeli untuk dibagikan dengan teman-teman dan saudara yang ada di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *