3 Latihan yang Bisa Dilakukan dengan Treadmill

latihan treadmill

Apa yang terlintas dalam benakmu ketika mendengar atau membaca kata treadmill? Apakah jogging atau running di tempat? Yap, salah satu alat fitness yang banyak dimiliki masyarakat di rumah ini memang paling terkenal untuk aktivitas kardio yaitu lari. Namun, tahukah kamu jika treadmill ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk dua aktivitas di atas?

Berikut adalah beberapa macam olahraga kardio selain berlari yang bisa kamu lakukan di atas treadmill:

  1. Backward high knees

Dilansir dari laman Cosmopolitan, untuk melakukan latihan ini kamu bisa memulainya dengan mengatur kecepatan treadmill menjadi 3 mil (5 km) per jam, mengaitkan tali pengaman ke bagian belakang bajumu, dan memposisikan tubuhmu membelakangi layar treadmill. Setelah itu, letakkan masing-masing tangan pada pegangan kiri dan kanan treadmill kemudian angkat kaki kanan dan kiri secara bergantian hingga setinggi pinggul. Saat melakukan gerak ini, kamu bisa menumpukan beban tubuhmu pada kedua tangan. Lakukan latihan ini selama 30 hingga 60 detik untuk mendapatkan keringat yang banyak.

  1. Plank forward climb

Plank adalah olahraga kardio dengan posisi seperti push-up, di mana beban tubuh ditumpukan pada kedua siku, lengan, dan kaki. Jika ingin melakukan latihan ini, sebaiknya kamu sudah fasih dan terbiasa melakukan plank dasar, ya. Sebab gerak satu ini merupakan aktivitas plank lanjutan. Kamu bisa melakukan aktivitas ini tanpa menyalakan treadmill. Posisikan kedua tanganmu di bagian plastik yang berada tepat di atas karet treadmill dan ulurkan kedua kakimu searah dengan karet treadmill. Kemudian, gerakkan kaki kanan seperti hendak melangkah saat mendaki gunung sembari mendorong karet treadmill ke belakang. Lakukan gerak yang sama dengan kaki kiri dan ulangi aktivitas ini hingga kamu merasa cukup.

  1. Single leg raises

Sama seperti aktivitas nomor dua, latihan ini bisa kamu lakukan tanpa menyalakan treadmill. Dalam keadaan treadmill mati, kamu bisa duduk di tengah karet treadmill dengan membelakangi layar treadmill. Setelah itu, genggam erat pegangan di kiri dan kanan treadmill menggunakan kedua tanganmu. Luruskan kedua kaki di depanmu kemudian angkat satu kaki (dalam keadaan tetap lurus) setinggi yang kamu bisa. Ulangi gerakan ini dengan kaki yang lain. Lakukan latihan ini hingga 10 sampai 30 kali untuk mendapatkan keringat yang menyehatkan.

Bagaimana? Sekarang sudah tahu, kan, variasi latihan kardio yang bisa kamu lakukan di atas treadmill-mu? Semoga informasi di atas berguna, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *