3 Cara Menghilangkan Keraguan dalam Diri

menghilangkan keraguan

Self-doubt atau keraguan merupakan situasi ketika seseorang kehilangan kepercayaan atas diri sendiri, yang ditandai dengan perasaan tidak yakin pada kemampuan dan tindak-tanduknya (Merriam-Webster). Orang yang mengalami situasi ini acapkali membuatnya takut untuk maju atau mengembangkan diri. Contohnya ialah ketika akan mengikuti sesi penilaian dari perusahaan yang dilamarnya melalui assessment center Indonesia. Untuk itu, kalau kamu juga sedang mengalami situasi ini, berikut adalah cara mengatasinya:

  1. Lekas hentikan

Kamu tentu tahu betul ketika keraguan melanda, akan seperti apa suasana hati kamu. Tak jarang kondisi ini buat kamu merasa lelah, bukan? Oleh sebab itu, saat keraguan kamu muncul, lekaslah hentikan kehadirannya. Dengan melakukan ini, kamu bisa menghalangi dirimu untuk merasakan perasaan itu lagi. Sebaliknya, kamu bisa melatih diri untuk bergerak maju.

  1. Coba ingat masa lalumu sejenak

Salah satu penyebab utama self-doubt adalah pengalaman dan kesalahan di masa lalu. Kekeliruan yang tertinggal dalam ingatan inilah yang membuat kamu meragu atas dirimu sendiri ketika hendak melakukan suatu hal baru. Untuk itu, kamu bisa coba ingat-ingat masa lalumu sejenak buat hilangkan keraguan. Ingat-ingat apa saja pencapaian atau keberhasilan—sekecil apa pun—yang sudah berhasil kamu lakukan atau lalui setelah kesalahan di masa lalu itu. Saat kamu sadar bahwa kamu punya kesempatan untuk menjadi lebih baik di hari esok, kamu bisa melepaskan keraguan yang ada dalam diri.

  1. Bicarakan dengan orang terdekat

Kadang kala self-doubt juga diakibatkan oleh pikiran-pikiran atau imajinasi-imajinasi dalam kepala kamu. Oleh sebab itu, jika dua hal di atas sudah kamu coba namun belum berhasil, kamu perlu membicarakan masalah ini dengan orang terdekatmu. Ceritakan apa yang kamu rasakan atau pikirkan kepada mereka, jangan-jangan semua keraguanmu hanya berasal dari ketakutanmu semata, dan bukan karena ketidakmampuan kamu. Pilih teman, anggota keluarga, atau kolega yang dapat memberi pendapat objektif supaya masukan darinya bisa membantu kamu, ya.

Itulah dia beberapa cara untuk menghilangkan keraguan dalam diri. Ingat, kalau kamu gagal ketika mencoba sesuatu, tidak berarti kamu tidak berguna, ya. Masih ada kesempatan kedua, ketiga, bahkan kesepuluh untuk kamu coba—jika kamu benar-benar ingin bisa atau menguasai hal tersebut. Semoga tips di atasa bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *